Stop Buat Kode, Belajarlah Untuk Jujur

Agak ragu sih mau menulis temanya ini.

Resikonya besar.

Pembaca ย wanita bakalan membela prinsipnya. Tapi yaudahlah, coba gue bahas dulu. Kalo ada yang tidak setuju itu wajar.

Gue mewakili cowok di luar sana yang masih aja jomblo ataupun yang udah punya gebetan tapi gak kunjung punya status hubungan yang jelas. Permasalahan paling pelik yang sering gue dengar adalah karena masalah kode dari cewek yang susah banget untuk dimengerti cowok.

Untuk sekarang gue bakalan mengambil sudut pandang dari seorang cowok. Bukan gue mau menyudutkan kalian wanita baik hati yang suka memberi kode, hanya saja kalian juga harus mengerti kenapa sebaiknya kalian pikir-pikir dulu sebelum ngasi kode.

Pria terlalu memikirkan kemungkinan yang terjadi

Sebagai pria, kami selalu memikirkan apakah yang kami lakukan akan berharga di mata kalian. Bukan maksud kami ‘meminta’ balasan dari seorang wanita, hanya saja kami takut mengecewakan perasaan kalian. Dunia tau kalau pria dan wanita memiliki perbedaan yang jauh dan rumit jika harus dijelaskan.

Pria mengambil keputusan berdasarkan analisa.
Wanita mengambil keputusan berdasarkan perasaan.

Itulah yang membuat kenapa kode kalian tidak 100% kami cerna.

Misalkan saja, kalian membuat Private message di BBM “Lagi pengen es cream”.

Inilah yang akan dipikirkan seorang pria yang mencintai kalian.

“Kalo gue kasi, dia bakalan mau gak ya?”
“Kira-kira es cream apa yang dia mau.”
“Kalo gue kasi satu es cream aja, wajar gak ya.”
“Duh, es cream apa dong ya”

TELAT!!!

Kami terlalu banyak berpikir sehingga tidak mengambil keputusan dalam waktu singkat. Kami bukannya tidak mencerna kode yang kalian utarakan, hanya saja analisa kami memakan waktu.

Pria berharap wanita lebih jujur tentang apa yang dia inginkan

Permasalahannya adalah, wanita ditakdirkan untuk menjadi pribadi yang pemalu.

Jangan anggap kami hanya mau enaknya aja karena berharap kalian lebih jujur. Kami hanya mau dengan kejujuran kalian, kami dapat dengan mudah mencerna dan lebih memanjakan kalian.

Sekarang kita pikirkan lagi.

Kalian memberikan kode kepada kami yang sangat lamban dalam menganalisa. Hal berikutnya yang akan terjadi adalah, kalian merasa tidak kami perdulikan, kalian marah, dan ‘ngambek’ sama kami. Lalu setelah kalian ‘ngambek’, kami akhirnya mengerti apa sebenarnya yang harus kami lakukan.

Tapi, apakah akan berjalan seperti itu dulu baru kita akan mesra?

Kode—gak paham—ngambek—baru paham.

Coba kalian jujur dari awal apa sebenarnya yang jadi keinginan kalian, sehingga proses panjang yang harus menguras ego itu akan terlewati. Kita bisa mesra lebih dini tanpa menunggu dulu amarah menghampiri. Bukankah kalian suka jika kami manjakan?

Kejujuran itu paling penting

Sumber

Apapun kasusnya, kejujuran jadi hal mutlak untuk menyelesaikan pertikaian.

Sekarang udah 2016, tentunya kita udah saling buat resolusi untuk diri sendiri maupun untuk hubungan yang sedang dijalani. Gak mau kan setiap tahun punya resolusi yang selalu aja sama. Harusnya ada peningkatan pencapaian tiap tahunnya. Baik dalam masalah finansial, karir, ataupun asmara.

Untuk dimengerti sama orang lain, kita gak harus melegalkan tingginya ego kita, “bahwa dia harus mengerti aku”. Coba lihat lagi ke dalam diri kita, sudahkah kita jujur tentang apa yang sedang terjadi?, apa yang sebenarnya kita mau dari dia?, dan kejujuran lain yang seharusnya diungkapkan, tapi hanya menjadi kode yang tidak jelas dan berujung kepada pertikaian.

Mulai untuk jujur, yuk.

———
Beda pendapat? mari kita diskusikan sambil meneguk segelas teh hangat.

Advertisements

53 thoughts on “Stop Buat Kode, Belajarlah Untuk Jujur

  1. Josss! ๐Ÿ˜€

    Terkadang kode cewek tidak segamblang โ€œLagi pengen es creamโ€. Seringnya hanya sebatas pernyataan singkat seperti “es krim” atau pandangan mata ke gerai “es krim” ๐Ÿ˜€

    And yes, meskipun otak cowok dibekali prosesor 16 core @ 8 GHz juga tidak bakal bisa mengobrak-abrik keinginan cewek yang cenderung memendam perasaannya.

    Eh, sudah untung kalau lama menerjemahkan kode tapi hasilnya benar. Lha kalau sudah lama menerjemahkan tapi hasilnya salah? Hayo loh!

    Mari diskusi sambil meneguk kopi pahit, karena otak harus selalu ON untuk menerjemahkan kode cewek yang bisa dikirim sewaktu-waktu. :p

  2. Belajar sama Kakashi Sensei, Bang. Biasanya dia analisanya tepat. Heheu….
    Dan untuk masalah kode-kodean, kayaknya emang udah jadi kebiasaan para cewek deh. Gue juga suka kesel kalau cewek mainnya kode-kodean. Haha
    Tapi, sebagai cowok yang baik, menurut gue, mau nggak mau ya harus berusaha memahami kode yang diberikan…

  3. Waduuuh, dalemnya nih tulisannya. Nggak semua cewek suka kode kok hihi. Kalau aku sendiri nggak suka ngode, enak bilang aja, ya meskipun butuh proses sampai akhirnya bisa bener2 jujur. Tapi ada lho cowok yang suka ngode wkwk, biasanya kalo yg deketin aku kayak gitu langsung tak tinggal. Lama paham kodenya.

  4. Kode udah jadi senjata ampuh cewek, bang.. Dan kalau udah nggak nangkep kodenya.. Sudahlah.. Perang dunia itu hahahha.. Kadang susahnya ngartiin itu kode udah kayak kode morse aja :v Salah dikit artinya salah juga hahaha XD

  5. Kata cewenya sudah kasih kode, tapi lakinya masih susah ngerti abis itu ngatain laki-lakinya nggak peka kemudian cewenya ngambek. pas laki-lakinya peduli trus ditanyain kenapa, cewenya malah bilang ngak ada apa-apa. “CEWEK TUKANG KODE” mungkin laki-lakinya bukan anak IT jadinya nggak ngerti main koding ngohahahaha…

    tunggu ada yang sempet ngeganggu pas liat bagian atas blognya bang WAHYU YUWONO, WAHYU YUWONO, WAHYU YUWONO, WAHYU YUWONO, ANDELA YUWONO… aha !!! ngaku loh bang, abang siapanya Andela Yuwono ?? ayo jawab siapanya ?

  6. yaudah, nanti aku bikin status gini, ‘pingin makan es krim rasa coklat yg beli di indomaret deket perempatan pasar yang jaraknya 1 km dari rumah, harganya 6000 aja’. gimana? ๐Ÿ˜€

  7. Emang betul tuh. Cewek itu paling suka kode2an. Heran gue!
    Apalagi klo lagi PMS, bisa kayak kode HTML deh rumitnya. Klo kayak cowok cupu kayak gue mah pasti gak bakalan bisa cerna.
    Wahai wanita. Jujur lah!!

  8. Buahahahaha … *ehm ketawanya harus anggun

    Hmm … to be honest, sebagai cewek, ada beberapa hal yang perlu pakai kode dan ada juga yang perlu disampein secara frontal ke cowok. Tapi over main kode-kodean juga ga seru, soalnya kasian cowok-cowok bisa game over duluan karena salah menganalisa.

    Tapi samalah, cewek juga mumet kalau cowok ngocehnya udah belibet pake acara gombal kemana-mana.

    So, saling belajar to the point aja yuk! *lahapahinih

  9. Ini bener banget -__-

    Walaupun nggak semua cewek suka ngode-ngode dan ada yang jujur sih. Tapi suka kesel kalo ketemu cewek yang suka ngode gitu. Entahlah udah berapa orang yang bilang aku ini nggak peka. Padahal ya, kodenya aja terlalu sulit untuk dipahami. Apa emang akunya yang nggak peka ya? Baru paham kalo ceweknya ngambek. Kayak yang ditulisin di atas.

    • Cewek yang ceplas ceplos jujurnya kadang gak sengaja.

      Mungkin kita aja sebagai cowok yang kurang paham sama tingkah mereka. Tapi, gak ada salahnya kan kita minta mereka jujur sedikit aja.

  10. Sulit juga ya. Tapi emang kadang perubahan gak harus semua di cewek, kadang kita juga harus mengeksekusi kode-kode mereka itu. Cuma yaaa relationship ini bikin bingung dan banyak problematikanya, yang ujungnya-ujungnya cowo yang di kata in “KAMU TUH GAK PEKA! “

  11. Hallo Wahyu. Apa kabarnya ni? Akhirnya ngeblog lagi, ya. Udh Pangeran tunggu-tunggu postnya.

    Ngomingin kode2an gue juga buka tipe yg super peka. Tapi, seenggaknya 80% yg gue lakuka atas kode itu, benar semuanya. Cuman satu yg kurang. Yg ngodeinnya gak ada. -_-

    Mau gimana lagi, yang penting sekarng gue belajar aja buat kodenya terlihat mudah di mata gue.

    Btw, kmaren gk lengkap rasanya pas Kopdar gk ada wahyu.

    • Alhamdulillah baik bg Heru. Kekurangan kuota internet, makanya ngeblog jarang. BW aja belum dilakuin.

      “Yang ngodein gak ada.” kok gue jadi miris baca bagian ini ya ๐Ÿ˜€

      Sorry bang, Semoga Kopdar lain kali bisa ikutan.

  12. memang semua yg kamu tulis itu bener..

    tapi ada saatnya cewek ingin pasangannya mengerti apa yg dia mau tanpa harus ngasih tau (nah lo ribet)

    cewek punya sisi malu yg kuat. tp dia pengen diperhatiin dan d manja..

    gue pernah baca dimana gitu ya.

    “cowok sejati adalah cowok yg tau apa maunya cewek tanpa diminta”

  13. memang semua yg kamu tulis itu bener..

    tapi ada saatnya cewek ingin pasangannya mengerti apa yg dia mau tanpa harus ngasih tau (nah lo ribet)

    cewek punya sisi malu yg kuat. tp dia pengen diperhatiin dan d manja..

    gue pernah baca dimana gitu ya.

    “cowok sejati adalah cowok yg tau apa maunya cewek tanpa diminta

  14. kode kayaknya cuma asyik dimainkan di awal… tapi kalo hubungan sudah lama apalagi sama-sama kerja… sayanglah kalo waktu habis untuk mecahin kode atau ngambek2an… mending komunikasi dilancarin, kode dikurangin… jadi waktu yg ada bisa untuk nonton bareng, dan nikmati apapun berdua.

  15. Postingan ini meskipun menurut kamu memojokkan cewek, tapi memang ada bener nya kok hehehe.
    Cuma kadang ada 1 kode yang cowo ngga peka, yaitu ketika cewe nunggu di tembak tapi si cowok ga nembak nembak. Kalau yang kode pengen es krim mah, elah itu kekanakan banget.
    Tapi untuk nembak, cewe selalu gengsi. tau. haha

Komen aja dulu, kali aja ntar ada yang stalking nama kamu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s