Mie Goreng Tapi Direbus

Tulisan ini bukan hasil dari survey ataupun penelitian untuk mencapai gelar sarjana. Karena itu sangat tidak mungkin gue lakukan. Gue kuliah di jurusan manajemen (keuangan) dan gak ada sangkut pautnya sama makanan sejuta umat.

Ini terjadi begitu saja ketika gue malam-malam ke dapur dan tidak mendapati bahan makanan selain beberapa bungkus mie instan. Setelah gue cermati, yang namanya mie instan mau seperti apapun rasanya, gak akan enak kalo gak dimasak. Dari beberapa bungkus mie instan gue juga menemukan satu fakta menarik lagi, yaitu mie instan hanya akan disajikan dalam dua sajian, pertama mie goreng dan mie rebus.

Dari dua kelompok yang memiliki taste tersendiri terhadap mie instan, gue termasuk ke dalam golongan penyuka mie goreng.

Ini sudah terjadi sejak gue menjadi anak kos sejati. Ciri anak kos sejati adalah mereka yang memiliki stock mie instan di akhir bulan. Sejujurnya, kami gak mau makan mie instan, hanya saja kebiasaan menghamburkan uang di awal bulan jadi penyebabnya.

Maafkan kami ibu dan bapak.

Kembali ke arah jenis hidangan mie instan.

Kenapa gue suka mie goreng meskipun mie rebus begitu menggoda.?

6716441_201405150103431

mie goreng itu menggiurkan http://kaskus.co.id

Alasannya simpel, karena aroma dari mie goreng begitu menusuk dan menggairahkan. Ini pandangan gue sebagai penyuka mie goreng, mungkin kalian yang suka mie rebus akan berbicara, “Kan mie rebus juga aromanya enak.”

Iya memang enak, tapi gak seenak mie goreng.

Selain itu, untuk membuat mie goreng membutuhkan beberapa proses yang lumayan panjang. Meskipun namanya mie goreng, tapi mie instan itu harus direbus terlebih dahulu. Nah, hal ini juga mengajarkan kepada gue tentang satu hal, yaitu perjuangan seperti apapun akan selalu ada hasilnya, cepat atau lambat itu hanya persoalan waktu.

Bandingkan dengan mie rebus, proses bisa sampai pada tahap ini saja. Lalu mulailah pencampuran bumbu dan telur.

Gue gak akan menjelaskan bagaimana resep dan cara memasak mie goreng ala anak kos. Karena hal itu begitu sederhana. Yang mau gue tekankan di sini adalah, mie goreng itu memiliki cita rasa yang lebih wueenak daripada mie rebus. Cita rasa itu sudah tercium dari aroma yang ditimbulkan. Apalagi ketika menyantapnya, kriuk kriuk dari bumbu bawaan maupun kacang yang ditaburkan lebih menggiurkan daripada kacang yang melempem karena kena kuah dari mie rebus.

Terlebih lagi untuk konsistensi bentuk dan rasa dari mie goreng. Coba kita bandingkan mie rebus dan mie goreng setelah dimasak. Setelah dimasak, diamkan mie goreng dan mie rebus untuk waktu setengah jam. kita cermati konsistensi bentuk dan rasanya, pasti ada perubahan rasa dan bentuk dari mie rebus. Sedangkan mie goreng akan tetap, baik aroma maupun tekstur mienya.

Dari kejadian itu, ada dua sikap yang bisa kita ambil.

Pertama, kita akan mengikuti pengaruh lingkungan. (Ini baik jika pengaruhnya baik)
Kedua, kita tetap pada keyakinan hati kita.

Sekarang, kalian hidup di atas keyakinan kalian sendiri. Ada banyak lingkungan yang mungkin berbeda dari keyakinan hati kalian. Jika itu baik dan membawa perubahan ke arah kesuksesan, silahkan ikuti pengaruh itu. Namun, jika itu hanya membawamu ke jurang kenistaan, silahkan jauhi lingkungan itu dan percayalah pada kemampuanmu.

Karena gue males masak, gue keluar untuk beli makanan. Nikmatnya tinggal di Indonesia, jam 12 malam keluar rumah, banyak pedagang makanan di pinggir jalan. Tinggal pilih mau beli yang mana.

“Bang, mie gorengnya satu pake telur dadar. Mienya direbus ya.”

“Oke, mie goreng direbus satu.”

———

Jadi, kalian lebih suka mie rebus atau mie goreng? Jawab di kotak komentar ya.

49 thoughts on “Mie Goreng Tapi Direbus

  1. Siapkan wajan. Isi air. Tunggu sampai mendidih. Siapkan mie instan (goreng boleh, rebus boleh). Rendam dalam air mendidih selama 1 menit. Buang air di wajan. Campurkan telor dan bumbu sachet. Aduk-aduk. Tambahkan kecap/sambal sesuai selera. Sajikan. Selesai. 🙂

  2. Lebih suka mie goreng, of kooooooors !! *bersemangat
    Udah pernah coba magelangan? Itu indomie goreng setelah direbus, lalu digoreng sama nasi. Dikasih sayur dan telur. bumbunya pake bumbu indomie aja, enak bangettsss wkwk, recommended deh!

  3. Waduh, aku ini anak kos… tapi malah ga pernah makan mie instan
    soalnya mie instan itu kan banyak bahan pengawet yg tidak baik bagi tubuh (aseekk…)
    nah, oleh sebab itulah aku lupa rasanya makan mie instan… mungkin kalo balik ke kampung halaman baru deh bisa makan mie lagi… oh iya, kalo mie goreng sm mie rebus sama2 enak, apalagi kalo pake telor sm bawang goreng… beeuuhh….

  4. #TEAMMIEREBUS kalo pas ada telur, karena males ribet kalo bikin lagi di mie goreng, tapi #TEAMMIEGORENG kalo gak ada telur. :))

  5. saya anak kos, dan udah lupa rasanya mie instan. Anak kos sejati nggak makan mie instan. Soalnya, mau masak dimana? Kalau, saya nggak enak sama ibu kosnya, itu kan dapur ibunya. Kalau disuruh milih yang mana? Jujur, dua-duanya enak, tapi kayaknya emang bener, lebih enak mie goreng, tapi mie rebus juga enak. Mie goreng, pake kuah juga enak 🙂

  6. ahhhaa… Berasa kaya lagi ngiklan Mie goreng. Sama sih gue juga penikmat mie goreng, walaupun gue bukan anak kost. Tapi setiap gue makan dikantin yang selalu gue pesen cuman satu, Mie goreng… sampe ibu kantinnya hapal. wkwkwk

  7. Aku! Aku mie kuah. Di rumah sering beli mie kuah. Alasannya, Kuah bisa dijadikan goreng, bumbu dipasang setengah. Rasa tetap lezatooo

    tapi kalau memang disuruh milih mie goreng apa yang enak, aku bakal sebut merk. Mie Goreng Indomie. Itu aromanyaaaaaaaaaaaa hmmm.. uenak!

  8. Duh… wahyu, gue baca postingan lo disaat yang sungguh tidak tepat. *Baru bangun* -_-

    Baru aja bangun, pas BW bahas makanan. Tanggung jawab lo yu. Kan gue jadi laper. Hm.. milih Mie Goreng atau Kuah, ya? Kalo baca korelasinya, gue masih aga ragu dan mau menyangkal. Tapi, karena ini postingan lo, ya gue nurut aja. 😀

    Gue milih mie kuah yg gk digoreng dulu.

  9. #TeamMieGoreng dooongggg. Apalagi kalo kriuk-kriuknya banyak, terus ada telornya, ada sayurannya dikit. Behhh, jadi pengen nih. Pokoknya mie goreng lebih baik dari mie rebus, dan tidak ada alasan untuk tidak menyukai mie goreng.

  10. Mie goreng. Makanan sejuta umat. Suwer daaah baca ini jadi laper lagi. Padahal baru selesai makan. Hmm, mie goreng emang juara!
    Etapi, Bang, mie goreng kalau didiemin agak lama nanti kering loh tekturnya. Kudu diaduk-aduk lagi gitu atau dicampur, biar lembek lagi. Iya kan..

Komen aja dulu, kali aja ntar ada yang stalking nama kamu

