Serba - Serbi

5 Alasan Kenapa Orang Males Komentar di Blog

Sekarang udah banyak banget blogger. Postingan-postingan para blogger ini juga bervariasi. Ada yang ngomongin tentang kehidupannya, ada yang berbagi dengan cerita pendek romantisnya ataupun miris, dan ada yang memberikan tips. Hal lainnya yang erat dengan blogger adalah blogwalking. Selain menambah teman blogger, blogwalking juga bisa menambah viewer ke blog kita.

Tapi pernah heran gak sih sama blog yang banyak komentarnya? pas kita melirik blog kita, keadaannya beda jauh. Sepi, udah kayak hape yang cuma dapat sms dari operator. Kadang-kadang aja ada orang berkomentar.

Jangan putus asa dulu, coba perhatikan beberapa alasan yang mungkin saja membuat orang malas berkomentar.

Blog Yang Lelet

Dengan jaringan 3G, untuk sebuah blog pasti sudah bisa terbuka dengan cepat. Coba perhatikan lagi blog kalian itu masih tergolong blog yang berat untuk dibuka atau tidak? caranya ya buka aja blog kalian dengan jaringan 3G dari beberapa operator. Karena belum semua daerah memiliki jaringan 4G. Ini sangat menggangu pembaca apalagi kalau mereka itu gak sabaran, lagi PMS pula. Kesian laptopnya kalo harus dibanting.

Mungkin kalian pintar dalam bahasa pemograman, jadi kalian berusaha membuat tampilan blog seindah yang kalian pikirkan. Tapi pembaca tidak terlalu memusingkan itu, mayoritas pembaca ya membaca. Jadi, coba periksa beberapa widget atau ‘hiasan’ yang membuat blog kalian lelet. Gue gak paham bahasa pemograman.


Cara Komentar Yang Ribet

Gue pernah mendapati sebuah blog dengan tidak adanya fitur reply di komentar. Jadi empunya blog menyematkan @blablabla untuk menjawab komentar pembacanya. Ribet banget dan susah untuk dilihat sama mereka yang ingin membalas komentar empu blog.

Mungkin kalian udah nyaman sama theme blog yang digunakan sekarang, tapi kalau mau menjaring komentar lebih banyak, ya berikanlah service terbaik kepada pembaca. Mulailah cari theme yang memiliki fitur reply dikomentar. Oh iya, kalau bisa komentarnya langsung saja dibawah postingan, gak lagi harus didirect ke link lain hanya untuk komentar.

Cerita Yang Hanya Bagus Untuk di Baca

Gue sering jadi silent reader. Bukan karena gak mau meninggalkan jejak, namun memang gue gak tau harus mengomentari apa dari postingan mereka. Biasanya sih gue seperti ini karena mereka memposting cerita pendek.

Gue bangga sama mereka yang bisa menulis cerita pendek dan membawa gue masuk ke dalam ceritanya, tapi gue gak bisa berkomentar banyak. Gak semua pembaca adalah editor. Bahkan gue harus berulang kali membaca untuk bisa mencari sesuatu yang gue komentarin. Jadi, bagi blogger yang sering memposting cerita pendek, gue minta maaf kalo komentarnya gak banyak.

Komentar Ngasal dan Gak Ada Feedback

Problematika blogger begini. Kalian udah blogwalking, tapi pemilik blog yang postingannya kalian komentarin belum juga muncul di kolom komentar kalian. Gak 100% ini kesalahan dari pemilik blog lain. Coba kalian lihat kembali bagaimana komentar kalian di blog mereka, mendidik ataukan hanya meninggalkan jejak dengan menuliskan “Ceritanya keren, kunjungi blog saya ya”, dan lalu blog siapa yang kalian komentarin. Kalo blog Raditya Dika, Benakribo, ataupun blogger yang udah terkenal, ya gue bisa pastiin mereka udah jarang blogwalking.

Kalian juga harus sering blogwalking sama orang yang udah komentar di blog kalian. Biar orang itu mau komentar lagi di blog kalian.


Postingan yang Tidak Rapi

Memang gak ada aturan dalam blog. Kalian bebas menentukan apa aja yang akan kalian bicarakan. Tapi perhatikan aspek cara penulisan yang baik ya. Gue pernah menemui postingan yang gak ada spase antara paragraf. Ini sangat menjengkelkan. Gak harus tulisan kalian itu justify, cukuplah rapi. Ada perbedaan antara paragraf dan orang yang saling berdialog.

Kalo tulisan kalian seperti yang gue sebutkan, jangankan untuk berkomentar, untuk membaca saja sudah malas kan. Sebagai blogger, kita juga memberikan jasa kepada pembaca. Kita memberikan bacaan untuk mereka.

Jadi, yuk jadi Blogger yang lebih mementingkan pembaca.

Advertisements

33 thoughts on “5 Alasan Kenapa Orang Males Komentar di Blog

  1. ngena banget cuy… gue setuju semuanya. paling males gue kalo format komenya ribet banget.. harus login dulu. confrim email lah, apa lah. selain itu faktor tentang postingan cuma enak dibaca, tapi nggak enak dikomen juga betul. terutama di postingan tentang obat-obatan. mau komen apa gue sebenernya agak bingung di blog tentang obat2 an. nggak bales bw nya nggak enak, mau bales nggak ngerti mau komen apa..

  2. Ampun yu, gue mulai blogwalking lagi deh yaaa. Muehehehe. \:p/
    Gue malah biasanya sebel kalo ada komenan orang sok-sok ngapain gituu di postingan yang bagus. Sayang, ngerusak page. Jadi biasanya cuman gue kasih emot senyum di komentarnya. Hahahaha.

  3. untuk poin yang pertama, untuk 2G juga udah kuatb lah ya, untuk buka blog yang tema nya udah mobile compability…

    kadang beda platform blog juga bikin ribet, sih ya. kayak antara wordpress sama blogger, kadang wordpress harus log in id wordpress. Padahl kan kita semua pengin berteman 😦

    1. Sama mas, tapi gue kadang ngomong ke bloggernya kalo blog dia agak susah komen. Blog gue juga pernah di protes begitu sih. Makanya buat beginian 😀

  4. Tapi itu kan wajib dilakukan :’3
    Kalau mau senang ya bisa coba pake Disqus.com deh di lamannya, blog aku pake itu secara juga Tumblr hehe 😀

  5. Sering jadi silent reader juga sih, mungkin ini penyebab blogku jarang dikomentarin. Haf kayanya harus semangat posting dan blogwalking juga. Thanks sarannyaaaaa 😀

  6. Wah, bener juga ini..
    blog ga ada yang komen serasa tulisan kita ga berarti..
    ya, apa mau dikata, kita ga bisa maksa mereka untuk komen juga..
    sedih bro… 😦

Komen aja dulu, kali aja ntar ada yang stalking nama kamu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s