Komedi · Novel dan Film

Tentang Cinta Gagal Paham

Jumat, 24 April 2015 pukul 11.45 WIB gue menerima paketan dari penerbit Cakrawala.

Awalnya gue juga heran kenapa naskah gue di terbitkan di Cakrawala, kan yang menerimanya adalah Medpresfiksi. Ternyata Cakrawala masih satu daerah dengan Medpressfiksi. Ah sudahlah, gue gak mempermasalahkan dimana naskah gue diterbitkan, yang penting gue berhasil melampaui diri gue yang dulu. Yang hanya bermimpi kapan naskah gue diterima penerbit?, kapan gue bisa punya novel yang diletakin di toko buku?. Ya, gue berhasil mengalahkan semua pesimis itu. Kalian pasti juga bisa.

Postingan sebelumnya udah menjelaskan tentang perjuangan gue untuk menembus penerbit. Sekarang gue mau bahas tentang beberapa bab yang ada di dalam novel #CintaGagalPaham. Tidak lain hanya untuk mempromosikan novel pertama gue. Gue sih gak mengharapkan novel ini bisa best seller, yang gue harapin adalah gue tetap produktif menulis hingga menulis banyak novel. Untuk itu gue harus banyak belajar dari bang Edotz, karena dia udah nerbitin dua buku. Keren banget Ranger BE yang juga guru ini.

Ada 9 bab di dalam novel #CintaGagalPaham ini, sepertinya banyak peyuntingan. Semuanya berasal dari pengalaman pribadi gue, sebenarnya gueΒ takut teman gue baca, karena cerita mereka gue buat jelek di sini :D. Gue maklumi kalo banyak peyuntingan dari editor karena memang tulisan gue itu masih sampah, tapi editor di penerbit Cakrawala memberikan kepercayaan kepada gue untuk melanjutkan mimpi gue ini, dan akhirnya semua indah berkat tangan teliti editor yang merapikan tulisan gue.

Okelah, kita mulai saja pembahasan mengenai bab di dalam novel gue, semoga kalian semakin tertarik membelinya. Kebanyakan sih pake judul yang ada kata ‘Gagal Paham’.

Lelaki Muka Pasaran
Ini menceritakan tentang suku gue, Jawa. Gue itu keturunan asli jawa, tapi harus ternodai karena gue gak bisa berbahasa jawa dengan baik dan benar. Di dalam bab ini juga menceritakan kebegoan gue tentang perkotaan Pekanbaru dan perkuliahan. Juga kekesalan gue akan cewek – cewek yang gue temui.

Belajar Ngelucu
Stand Up Comedy menginspirasi gue untuk menulis semuanya di bab ini. Gue mencurahkan seluruh perasaan gue terhadap SUC dan pengalaman gue dalam menjelajahi dunia SUC ini. Gagal, itu udah pasti gue dapatkan, tapi gue tetap belajar untuk mengalahkan ketakutan gue sendiri. Ya, gue berhasil.

Sahabat Gagal Paham
Punya teman dari SMA yang tinggal bersama saat kuliah gak menjamin gue untuk mengerti satu sama lain. Nah, di bab inilah gue menceritakan tentang ke-absurd-an teman gue saat membeli durian. Di sini gue juga menjelaskan tentang prestasi paling mengejutkan yang pernah gue dapatkan di SMP. Penuh kenangan banget gue nulisnya. Sampe harus ngingat kejadian di SMP secara detail.

Cewek Gagal Paham
Di sini menceritakan cara kreatif gue untuk menjawab dua kata paling menakutkan dari mulut seorang cewek. Kata itu adalah “Terserah” dan “Kamu nggak peka“. Untuk yang belum bisa menjawab dua pertanyaan itu, cobalah cara gue di novel #CintaGagalPaham.

Basa Basi Gagal Paham
Ini cerita tentang ulang tahun dan kata – kata basi yang pasti ada disetiap ulang tahun seseorang. Juga membahas tentang bagaimana gue mengekspresikan ucapan selamat ulang tahun kepada pacar yang lagi jauh, LDR. Tapi tetap aja, gue gak bisa berbasa – basi. Aneh.

Mahasiswa Gagal Paham
Tragedi di semester awal gue jadikan komedi di semester akhir. Menceritakan tentang kurang fokusnya gue sama mata kuliah yang berlangsung. Serta jawaban diplomatis gue untuk setiap dosen dengan pertanyaan yang sama. Gue akan buat dosen di kelas gue speechless dengan jawaban yang gue utarakan. Juga menceritakan tentang hiburan terbaru di Pekanbaru, kemacetan.

Cinta Gagal Paham
Ini adalah cerita yang akhirnya terpilih menjadi judul novel. Cerita tentang hal – hal mengenai cinta yang buat gue geleng – geleng kepala. Kadang gue menjadi orang lain dalam satu situasi, bukan karena keterpaksaan, tapi karena ingin membiasakan gue untuk tidak mementingkan ego sendiri.

Romantisme Gagal Paham
Bab ini menceritakan tentang pencarian gue untuk arti dari kata “Romantis”. Gue perhatikan orang – orang di sekeliling gue, gue berharap menemukan apa itu romantis. Sampe gue membicarakan orang lain yang hubungannya tidak baik, padahal hubungan gue juga berada di fase itu. Di situlah gue belajar tentang arti dari romantis.

Kedewasaan Yang Tertunda
Ini cerita tentang penipuan dari pihak MLM. Sebagai mahasiwa baru, gue langsung percaya aja sama presentasi para pelaku penipuan yang sedang mencari downline untuk mereka sendiri. Gue juga menceritakan masalah – masalah yang gue hadapi selama sekolah, dan dari banyak masalah itu gue belajar menjadi dewasa.

********

Itulah ke 9 judul di dalam novel #CintaGagalPaham dan sedikit penjelasan apa yang gue bahas. Kalo gak jelas, ya beli dong novelnya πŸ˜€ biar tau lebih lanjut.

Gue gak berniat memberikan motivasi, tapi gue pengen ada yang kalian ambil dari apa yang gue tulis. Meski semua tulisan gue gak mutlak benar, tapi itulah yang gue rasakan selama 20 tahun ini. Banyak banget hal yang gak gue dapatkan dari dunia pendidikan formal di SD, SMP, SMA dan Perkuliahan. Gue belajar dari perjalanan.

“Pengalaman adalah guru terbaik”

Kalo ada yang mau beli sama gue langsung juga boleh, tapi gue gak menyarankan, bakalan mahal diongkos aja. Carilah toko buku terdekat di tempat kalian berada. Lagian beli sama gue juga gak ada bedanya, tanda tangan gue juga gak begitu penting kan :D. Jangan lupa dibeli dan direkomendasikan kalo menghibur. Bagi yang mau beli sama gue tinggal mnetion aja di twitter. Oke

Gue Wahyu Yuwono, terimakasih.

55 thoughts on “Tentang Cinta Gagal Paham

      1. Sebenarnya bukan karena akhir bulan sih mas, Hehehee. Sebenernya agak gimana gitu sih, komennya panjang lebar kaya mau bercerita. Karena sudah peraturan, nih Meta komentarin tulisannya

        “Kadang gue menjadi orang lain dalam satu situasi, bukan karena keterpaksaan, tapi karena ingin membiasakan gue untuk tidak mementingkan ego sendiri” setuju sama satu kalimat yang ini. Ego memang ada dalam diri kita, tapi nggak boleh menguasai diri kita. Hihiii.

      2. Hahaha bukannya ‘terpaksa’ mengkuti peraturan. Tapi, kita sebagai member BE harus memberikan energi positif untuk blogger lain. Kalo balasan kita panjang blogger ngerasa tulisan kita dibaca, kalo pendek aja ngerasa gak dibaca. Nah, kalo postingan dibaca, blogger akan semangat untuk ngeblog. Bukan begitu?

        Tengkyu ya udah revisi πŸ˜€

  1. Wah, udah nerbitin novel nih, waktunya giliran gue nih πŸ˜€

    Oh iya, lu dulu pernah ikut MLM juga ya? Seru nih kayaknya, gue emang dari dulu kagak percaya sama MLM. Ayah gue yang menanamkan paham anti-MLM sama gue, lihat aja, emang ada orang-orang sukses yang asalnya dari MLM? Bisa bayangin gimana Zuckerberg itu bikin facebook dari MLM temen-temennya di Harvard xD

    Kayaknya seru nih, bukunya, patut dicatat nih buat jadi wishlist, nanti kalau ke Gramedia beli ah πŸ˜€

  2. Selamat ya kak udah berhasil mewujudkan resolusinya menjadi kenyataan..

    Entah kenapa, setelah ngelihat review buku kayak gini, gue langsung jadi penasaran sama isi keseluruhan bukunya. Gue langsung kepancing pengen beli.

    Mudah-mudahan ini bukan karya yang pertama dan terakhir ya. Semoga bisa terus produktif nulis dan menelurkan buku-buku selanjutnya. Aamiin πŸ˜€

  3. Orang Jawa yang nggak bisa ngomong Basa Jawa sih ada banyak bang, tergantung Basa Jawa yang mana, kalo aku bahasa kramanya yang belepotan

    Wah pernah ikutan mlm ya, katanya orang yang pernah ikutan mlm nggak akan bisa keluar dari mlm katanya lho ya..

    Tapi aku tertarik nih baca bukunya. Semoga ada rejeki buat beli bukunya bang wahyu

    1. Bahasa dasarnya aja Ki, kalo kakekgue ngomong pake bahasa jawa yang kasarnya aja gue cuma bisa jawab “Hooh Kek”

      Haha baca aja penyesalan gue di novel #CintaGagalPaham. Amin semoga ada rezeki ya.

  4. Uwaaah. Udah nerbitin bukuuuu. :’)
    Selamat, ya, Kak.. πŸ˜€
    Jangan pernah berhenti menulis. Hehehe. Pengin bukunya. Ada nggak, ya, di sini? :/
    Rasanya bahagia gini lihat temen blogger nerbitin buku. Ya ampuun. :’)

  5. wah, gaul banget! gue juga banyak belajar tuh dari ranger biru nya BE ini.
    btw, gue mau nanya dong..
    kalau lo ngetik 10 halaman di word, nanti jadinya berapa halaman di buku?

    1. Yoii.. Gue belum ada punya novel bang Edotz. Pasti kocak, karena di blognya juga kocak.

      Tergantung penyuntingannya seberapa banyak, kalo dinovel gue 9 halaman di word jadi 15 halaman.

      1. wkwk, ketahuan, setiap chapternya menarik ceritanya, covernya juga bagus. Dan banyak penyuntingannya, berarti harus lebih banyak lagi latihan menulisnya. Postingan ini sudah saya share di fanpage fb, kebetulan fanpage BE udah aktif kembali. Semoga pembaca yang sudah membaca buku Cinta Gagal Paham, menyadari bahwa kisah cinta tidak selamanya selalu berjalan baik. Dengan membaca buku tersebut juga pembaca bisa mendapatkan pengalaman yang menarik juga.

      2. Hahaha Ya komen lo ngebingungin sih.

        Jelas harus banyak belajar menulis lagi. Yang penting sih jangan egois kalo editor bilang “Ini naskahnya direvisi dulu ya”

        Aiih sedap, tengkyu ye πŸ™‚

  6. Dari bab-bab yang lo jelasin kayanya seru nih buat dibaca. dari judul di bab-bab lo banyak kata gagal pahamnya ya ? sampe gue gagal paham untuk membacanya (heheh gak kok bercanda).

    oh iya gue masih gagal paham tuh sama modus MLM,tapi gue gak mau jadi korban MLM walaupun gue gak tau apa itu MLM.

    semoga buku pertama lo ini bisa mendongkrang karier kepenulisan lo.

    1. Semoga saja menghibur.

      Makanya sebelum mencoba sesuatu ada baiknya kita tau dulu teori tentang sesuatu tersebut. Amin, semoga saja ya πŸ™‚

  7. Alhamdulillah. Congratulations Mas Wahyuuu. \:D/
    Dulu sukanya ngereview akhirnya kejadian juga bikin buku sendiri yak. :’))
    Yang gue sebelin nih, DI GRAMEDIA MANADO MASIH BELUM ADA ASTAGAAAA.

  8. Uwooooo.. Akhirnya yah, Yu! Buah dari kerja keras dan kesabaran.. πŸ˜€ Nantik aku carik di Gramed ah.. Biasanya langsung ada tuh di rak buku baru. Eheeee~

  9. etdaaaaah sedaaaap wahyu. pakabar lo? lama gamain kesini, lama juga gw ngilang :’)
    udah nerbitin novel aja lo hebat! well, congrats ya yu akhirnya salah satu impian lo udah setidaknya-terwujud lah. kayak nya asik buku lo. coba ntar gw cari di gramex surabaya, mayan buat hadiah laki gw yg baru ulangtaun hehe.

    untuk pemilihan judul novel dr salah satu bab lo itu lumayan kece juga sih yu, kan emang banyak yg gagal paham soal cinta πŸ˜€

    great job brooh. sukses terus yeay!

    1. Baik baik πŸ˜€

      Lo juga lama gak promo di BE kan. Alhamdulillah, impian gue untuk menerbitkan novel udah tercapai. Kayaknya sih πŸ˜€

      Asiik, tapi kalo gak lucu maaf ye, laki lo kan Komika pasti tau lucu atau gaknya :D. Amiin Tengkyu ye

  10. impian lo sudah terwujud untuk menerbitkan sebuah buku. nggak peduli penerbitnya siapa yang penting buku lo sekarang sudah bisa nangkring di rak-rak toko buku di seluruh Indonesia. semoga kedepannya gue bakalan bisa nyusul untuk nerbitin buku kayak lo gini yaa hehe. oh iya, gue juga salut sama bang Edotz. dia sejauh ini sudah nerbitin 2 buku memang, dan semuanya keren.

    ke 9 bab dari buku lo ini memang banyak kata gagal pahamnya yaa. tapi kayaknya gue lebih tertarik dan penasaran sama bab cinta gagal paham dan cewek gagal paham hehe.

    btw, adain Giveaway dong buat peringatin terbitnya buku lo yang pertama ini. hadiahnya buku lo kan juga lumayan..

    1. Alhamdulillah satu impian gue udah terwujud :). Yap, gue gak mentingin penerbitnya, yang penting impian gue bisa tercapai yaitu buku gue bisa ada di seluruh Gramedia Indonesia.

      Iya, gue mau ngikutin jejak bg Edotz, nerbitin buku – buku selanjutnya. Hehe keknya gue belum bisa ngadain giveaway deh. Lagi banyak yang mau diurusin.

  11. Udah ada bocorannya nih πŸ˜›
    yang suka banget baca buku atau suka main ke blog lo pasti bakalan penasaran pengen nyari buku lo … keren deh, kapan2 gue ikutan nyari.. masalah distribusi emang kadang suka telat, apalagi luar jawa…

    Gak usah malu2 buat promo mulu. Biarkan dunia tau kalo lo akhirnya bisa jadi penulis.

    selamat yak!

    1. Hehe mengikuti saran bg Edotz.

      Tengkyu bang, asal jangan dibacain ke anak2 SD, pasti mereka gak bakalan paham. Iya, keknya Gramedia yang belum ada distribusinya agak lama.

      Gitu ya bang, okedeh. Kalo gak gue yang banggain diri sendiri, siapa lagi. Terimakasih bg Edotz :))

  12. Wuhuuu keren Yu πŸ˜€ ah, semoga bisa bestseller ah :3

    Eh, yang belajar ngelucu itu kayaknya gue pernah baca deh, waktu itu pernah lo kirim ke email gue nggak sih yu ._. atau itu tulisan yang lain ._.

Komen aja dulu, kali aja ntar ada yang stalking nama kamu

