Serba - Serbi

Untitled

Gue sendiri heran kenapa gue males untuk nulis.

Pageview blog aja sampe meurun sangat drastis, sekitar 50% penurunan yang terjadi karena gak ada postingan selama 8 hari. Gue sebenarnya nyesek, gue pengen blog gue bisa rame, tapi siapa yang gak akan bosen kalo ngeliat blog gak ada postingan baru selama seminggu. Ada blogger lain yang nulis sehari sekali, ketika dia 3 hari aja gak nulis di blognya pasti terasa ada yang menjanggal diaktifitasnya. Nah, gue gimana? gue menargetkan seminggu sekali untuk ngepost, tapi gak juga konsisten.

Jadi kemana gue selama seminggu?

Pandji Pragiwaksono dan Raditya Dika pernah bilang “Cara terbaik untuk mencari materi stand up adalah dengan menuliskan keresahan yang lo alami”. Gue bukan orang yang sadar akan keresahan gue. Minggu ini misalnya, gue banyak ngerasa gak ngeh sama kuliah, sama aktifitas gue, dan sama sekeliling gue sendiri.

Gue resah akan banyak hal di minggu ini tapi gue gak tau harus mulai dari mana untuk bercerita.

Tulisan yang lo baca sekarang ini gak terstruktur dan gue gak mengangkat satu tema. Biasanya gue nulis dulu di notepad lalu nge-copy tulisan itu dan dimasukin ke blog. Tapi sekarang gue langsung nulis di blog. Gak ada persiapan dalam menulis postingan kali ini.

Skip

Gue ngerasa tahun 2014 is to fast. Gue masih ingat postingan mengenai bahagia dan sengsara awal 2014, gue bercerita mengenai gue sama Melly dalam menghabiskan malam tahun baru masehi dan kita fotobox. Gak kerasa dan tanpa gue sadari sekarang udah berada di bulan 12, bulan Desember. Banyak hal yang belum gue capai di tahun 2014. Salah satunya untuk nerbitin buku di penerbit yang bisa masarin buku gue, dan bukan gue yang masarin. Meskipun sebagai penulis gue akan tetap memasarkan buku gue sendiri.

Gue percaya setiap orang harus memahami tekhnik marketing tanpa dia ketahui. Anyone punya jiwa ‘dagang’ bawaan dari lahir yang luar biasa kalo mau diasah lebih dalam. Sekarang profesi apa sih yang gak membutuhkan pemasaran?. Seorang pengajar yang kita lihat hanya orang yang memberikan ilmunya, sebenarnya dia juga melakukan tekhnik marketing. Namun, yang dia jual tidak dibeli dalam bentuk materi semata, dia juga menjual sesuatu yang dibeli dengan penghargaan, aktualisasi diri, dan akhirnya dia bisa dipertimbangkan untuk mengajar tetap disebuah sekolah/universitas.

Jika lo ngerasa beruntung, berarti telah ada yang lo jual dan lo udah melakukan pemasaran yang baik.

Balik ke buku.

Tujuan awal gue buat blog itu untuk melatih tulisan gue. Banyak lomba yang gue ikutin selalu aja gagal dimenangkan karena memang kualitas tulisan gue gak sebagus lainnya. Setelah setahun ngeblog, alhamdulillah gue pernah menang lomba menulis di blog. Meskipun hanya jadi pemenang harapan, gue cukup senang, setidaknya tulisan gue udah lebih bagus dari sebelumnya. Karena sebagai manusia kita memang diwajibkan untuk lebih baik dari hari kemarin.

Lalu, tujuan lainnya ketika gue buat blog adalah gue mengkhayal suatu saat ada editor di penerbitan yang ngebaca tulisan gue di blog dan tertarik mengajak kerja sama untuk buat buku. But, gue baru sadar bahwa blogger bukan cuma gue.

Banyak blogger lainnya yang tulisannya lebih kece dari apa yang gue tulis. Gue gabung di Blogger Energi dan gue menemukan blogger dengan karakteristik yang berbeda – beda. Ada blogger yang menuliskan cerita pendek di blognya dengan memainkan majas dan kata – kata yang buat hati tersentuh. Ada juga blogger yang bercerita soal kegiatannya mendaki gunung dan kadang buat gue iri sebagai laki – laki. Dan ada blogger yang menuliskan kegiatan sehari – harinya dengan menenggelamkan kita sebagai pembaca dalam komedi tersirat.

Semua blogger memiliki kesempatan yang sama untuk dilirik oleh editor penerbit.

Desember Remember, gue masih ingat tahun lalu gue juga berharap gue bisa memiliki buku di tahun 2014, tapi gak kesampaian. Kesempatan dan keberuntungan belum berpihak ke gue. Dan sekarang Desember 2014 gue tetap mengusahakan di tahun 2015 gue udah punya buku yang akan gue jual dengan tekhnik marketing yang gue pelajari di kampus. Di Desember ini gue juga mau ngikutin beberapa lomba menulis di blog. Selain bisa mengasah kembali kemampuan menulis gue, gue juga berusaha untuk kembali meramaikan blog ini dengan postingan baru setiap minggunya.

Terimakasih udah membaca, meskipun sebagian dari kalian akan bingung mau komen apaan. Gue tau, karena gue juga ngalamin kebingungan ketika mau komen di blog orang. Yang penting komen kalian gak out of topic. Misalnya sekarang gue ngomongin buku tapi kalian malah komen “Kalo aku sih ingat mantan aku terus”, gue cubit lo pake potongan kuku.

38 thoughts on “Untitled

  1. Kalok aku sih inget Febri.. 😛 *digaplok pakek balok*

    Mmm.. Samaan sih, Yu. Sepanjang 2014 ini jugak keknya resolusi ku belom kesampean. Traveling keliling Indonesia gitchuw.. Trus motretin pemandangan banyak-banyak en pamerin di blog biar semua orang mupeng. Bahahah.. 😀

    Semoga naskahnya diterima trus jadi buku en laris yah, Yu.. Semoga impian itu bakalan terkabul di tahun 2015.. Aamiiin..

    1. Njirr.. Febri mulu eh -_-

      Amiin. Semoga resolusi kakak untuk keliling indonesia dan buat akunya mupeng tercapai. Alhamdulillah sekarang traveling bisa minta temenin pacar ya. yuhuu

      1. Ya iya dongs. Kan pacar aku. :3

        Aamiiin..
        Eh tapi belom bisa sih, nunggu dia libur. Maklumin anak kecil. Ngga tuwir kek aku. -_-

  2. Dulu, waktu masih terobsesi jadi comic, gua sering mencatatat kegelisahan. Tapi sekarang kayaknya feel itu gak ada lagi. Gua jadi rada kebingungan juga kalo mau ngeblog.

    1. Kita ngerasain hal yang sama. Gue juga dulu waktu lagi hobi nya nongkrong sama anak SUC nyatatin kegelisahan dan hal lucu yang gue liat dijalanan/dikampus, sekarang mah males banget.

  3. salah satu hal yg bisa buat kita bingung update blog yaitu banyak ide tapi gak tau mau mulai nulisnya dari mana.. etapi ini tulisan yg gak terstruktur aja bisa keren 🙂

  4. Masih mending nih bisa posting. Gue juga beberapa bulan ini ga sempet post di blog gue. kasian blog gue, banyak sarang laba-labanya (LOH KOK CURHAT?)
    anywaaay… tetep semangat, kak. kalau punya ide, langsung catet aza. semoga bisa aktif kembali 🙂

  5. Kalo aku sih inget pacar aku terus… 😀

    Iya judulnya sesuai sama isi. Absurd gimana gitu ya… Hahaha. Tapi emang bener. Gara-gara resah, akhirnya bisa jadi satu postingan yang bisa dibaca dan dikomentari orang kan.

    Eh, mau punya buku juga ya? Wah samaan nih kita! Mimpi punya buku sendiri juga belum terealisasi di tahun ini .Tapi tahun depan masih penuh sama harapan. Semoga awal tahun bukunya kita bisa terbit masing-masing ya. Aamiin. Ganbatte kudasai!!!

    1. Sini pipinya dicubit pake potong kuku *Marah*

      Amiin ya kak Tika. Udah pernah ngajuin ke penerbit mana aja nih kak? Sama – sama berusaha semoga tahun depan buku ‘MAHAKARYA’ kita terbit.

  6. Kalo aku sih inget istrii… #ehh *di cubit sama janda*

    Wah lu keren banget, 8 hari gak nulis aja udah resah. Kalo gue sih nargetin setiap bulan harus nulis. Setidaknya dari baca tulisan ini gue terinspirasi dari lu, buat tulisan setiap minggu. Semogaaa…
    Semoga juga harapan lu kedepan tercapai dengan nerbitin buku, terus semoga juga kalo ada lomba lu menang bro. Semangat lu kereeeen!

  7. Bener dah, aku bingung komen apaan ._.

    Tapi, konsisten emang susah sih, aku sendiri musim-musiman ngurus blog, kalau lagi musimnya rajin, sehari sekali pasti update, lah pas lagi musim galau eh males, sebulan bisa ada blog gak keurus. Yang penting sih niat sama tekad 😀

  8. Aslkm wahyu. Ini yang sebenarnya lu resahkan. Iya, buku yang harus terbit salah satunya.

    Gue orang pertama di tahun 2011 yang pengen punya buku yang diterbitin di penerbit mayor. Namun, TUHAN berkata lain, ide, pengetahuan dan pengalaman bicara. Bahwa gue masih belum pantas untuk mendapatkan itu.

    Tahun 2012. Gue dulu tahun 2010 sempet punya blog dan ya gitu deh, orang kampung, gak tau makenya. Tahun 2012 gue buat blog lagi, dengan tujuan setidaknya karya kecil gue dibaca sama siapapun yang udah mampir, gencar promo di SOSMED. Bahkan nyampe temen gue bilang “Kok maksa gitu, sih!!”

    Gue isitrahat ngeblog setahun. Terbukti, post di tahun 2012 cuman 1. Di awal tahun 2013. Gue ada baca beberapa blog yang tiba2 terkenal di mana-mana. Bahkan, nyampe buat gue kebakar pengen nulis lagi. Naskah Novel yang gue tulis di tolak hampir 3 kali di tahun itu. Tapi gue memutuskan untuk nulis di blog aja. Tanpa tujuan seperti tahun 2012. Akhirnya, gue plong, 2013 awal blog gue mulai satu per satu dijamah orang.

    Semua terus berjalan, nyampe gue nerbitin buku di Self Publishing, bukan untuk dijual. Tapi untuk penghargaan diri gue. “Inget, penghargaan diri itu perlu”

    Sampai sekarang, tujuan gue juga awalnya pengen punya buku yang diterbitkan sama penerbit mayor, hingga akhirnya gue berfikir bahwa “Dunia akan melihat sendiri dan tidak perlu kita paksakan, pada dasarnya, terus berikan yang terbaik.”

    Itu Quote yang selalu gue pegang. Makanya temen2 gue bilang “Keknya lebih sayang blog dari temen?”
    Hahaha, ini bukan sekedar curhat, gue gak pengen ada blogger yang merasakan Block Writer. Gue pengen semua blogger yang mengalami ini, kembali semangat nulis. 🙂 “Gue yakin, ada sisi yang masih hebat dalam diri lu.”

    Sorry, kepanjangan ngasi semangatnya.

    1. Iya, gue memang pernah terlalu memaksakan untuk bisa nerbitin buku di penerbit mayor. Alhasil gue pernah ditolak 5 penerbit karena tulisan gue gak bisa dibilang layak untuk diterbitkan.

      Tujuan awal gue buat blog sama kek yang dijabarkan diatas, mau ngeliat perkembangan menulis gue hari ke hari, minggu ke minggu, dan bulan ke bulan. Sekarang udah setahun gue nulis diblog, setelah melihat tulisan awal dibandingin tulisan sekarang, jauh banget bedanya. bagusan yang sekarang.

      Iyap, terus berikan yang terbaik untuk pembaca.

      Terimakasih wejangannya Mas Arya :)) semangat untuk tetap nulis itu harus.

  9. Tulisan ini lahir karena keresahan juga kan? Gue kadang juga gitu sih. Target mah bikin postingan seminggu sekali, karena banyak hal yang bikin nggak nulis, jadinya ya kosong.
    Tetap semangat lah, bro..

Komen aja dulu, kali aja ntar ada yang stalking nama kamu

