Praktek Kerja Lapangan

Gue udah semester 5, trus?

Seperti mahasiswa lainnya yang sudah sampai semester ini, gue harus KKN (Kuliah Kerja Nyantai) eh salah maksudnya Kuliah Kerja Nyata. Yang gue denger dari bisik2 tetangga katanya KKN tempatnya bisa milih sendiri. Berarti kampus gue menganut paham demokrasi, kalo menganut salah paham kan susah.

Tapi ada yang istimewa dari fakultas gue tahun ini. Angkatan 2012, yaitu angkatan gue, gile angkatan burble gue 2012 kg ya. Kita diharuskan PKL, disuruh dagang di pinggir jalan, eh bukan. Kita diwajibkan PKL untuk memenuhi tugas dari kampus dan sebagai syarat dari wisuda. Gue antara yakin gak yakin, kek dikasi perkuliahan soal akuntansi sama mahasiswa fakultas tekhnik otomotif. Ribet ya

Liat deh, gak ada banner di belakang pembicara, karena sosialisasi ini mendadak banget.

Mau gak mau gue harus ngikutin, kalo gak ngikutin burble melayang. Ini kenapa ngomongin burble mulu sih, disponsori sama Agung Hercules juga enggak. Sosialisasi PKLnya itu diadakan kamis tanggal 13 november kemarin. Informasi ini menurut gue mendadak, karena setelah sosialisasi kita diberi waktu seminggu untuk nentuin tempat pkl yang udah pasti bisa jadi tempat untuk magang.

Dari fakultas meminta kita untuk magang di daerah asal masing – masing, biar ongkos lebih murah, tau banget kita banyak anak kos. Tapi buat orang yang gak berasal dari Riau (dari Sumbar banyaknya) mereka harus tetap magang di Riau dan gak boleh balik ke daerahnya. Ya karena UIN susah ngontrol kalo ada yang diluar daerah, lagian di luar daerah juga pasti ada mahasiswa dari universitas provinsi tersebut yang juga magang. Dan tentunya setiap provinsi mendahulukan putra daerahnya.

Mencari tempat magang itu mudah mudah susah. Banyak sih instansi pemerintah dan perusahaan yang ada di Riau, namun gak semuanya menerima anak magang dari fakultas ekonomi, apalagi manajemen keuangan. Keuangan itu bagian yang paling sensitif yang ada di perusahaan, dan setiap perusahaan pasti udah punya tim audit keuangan mereka sendiri yang sudah terpercaya.

Hari senin tanggal 17 November jam 12.43 WIB diadakan sosialisasi lanjutan soal PKL tersebut yang akan membahas soal seragam, perlengkapan untuk PKL dan itu masih khusus untuk jurusan managemen. Di ruangan theater JKT48 berukuran 9×12 (kalo gak salah, gue lupa ngukur) hanya untuk jurusan managemen aja ruangannya gak muat. Manajemen ada 6 lokal, dan average dari setiap lokal punya 38 mahasiswa. Hanya untuk jurusan manajemen aja 1 orang harus berjuang diantara ratusan lainnya.

Hidup memang tempatnya kompetisi.

Untungnya banyak yang balik ke daerahnya, seperti ke Rohul, Dumai, Bengkalis, Rohil, Inhu dan daaerah kabupaten lainnya yang ada di Riau. Gue sendri gak balik ke Duri, alasannya gue gak punya kos di Duri. Oke, mungkin lo bingung soal daerah di Riau. Duri itu masuk di kabupaten Bengkalis. Sedangkan KTP gue, KTP Rohul. Rohul dan Bengkalis kabupaten yang berdekatan. Karena Rohul masih banyak hutan, gue milih sekolah di Duri. Makanya itu kalo magang di Duri gue harus cari nyewa rumah lagi.

Ribet banget penjelasan gue diatas. Skip aja kalo gak ngerti.

Di Pekanbaru, emak beli rumah buat gue dan abang gue yaiyalah-masa-abang-siomay, jadi disini gue gak harus ngeluarin biaya untuk bayar rumah lagi. Kesusahannya adalah banyak mahasiswa dan siswa SMK yang mau magang di pPkanbaru. Ada 3 team kalo gue kelompokkan.

Pertama : Mahasiswa dan Siswa SMK asli dari Pekanbaru
Kedua : Mahasiswa dari luar Riau yang gak mau nyari didaerah kabupaten karena males nyari kos
Ketiga : Mahasiswa dari Daerah di kabupaten yang males balik, kek gue.

Gimana? jadi udah ngerti kan gimana persaingan yang gue hadapin dalam mencari tempat magang di Pekanbaru.

Kemaren gue dan 2 orang teman coba tanya ke PT. Sampoerna yang ada di Jl. Arifin Ahmad, setelah ngobrol, main catur, minum kopi bareng satpamnya ternyata Sampoerna gak nerima mahasiswa magang. Om satpam itu juga ngomong “Sampoerna ini cuman cabang, jadi gak nerima anak magang.”

Kita bertiga gak putus asa, kita jalan lagi ke arah Sudirman. Berhenti di Dealer Honda Arista Sudirman, pasang muka sok kaya, jalan tegap, dan pandangan lurus, lalu nanya ke satpam “Pak, mau tanya disini nerima anak magang gak?”. Satpamnya mulai ilfeel.

“Tanya aja ke dalam dek, nanti ada kakak administrasi yang lagi duduk didalam”

“Yaiyalah pak, kalo lagi mandi gak mungkin!” Pengennya ngomong gitu, tapi apadaya kita cuma bisa berucap “Terimakasih pak”

Kita masuk kantor dengan gestur dan gaya sok kaya tadi, sampe di depan admin, temen gue mundurin kursi, duduk di kursi sambil menghembuskan udara ke arah rambut “Kak, kami mahasiswa UIN mau….”

“Mau wawancara untuk tugas kuliah ya?” potongnya

“Oh enggak kak.”

“Trus?”

“Kami mau nanya, disini nerima anak magang gak kak?”

“Oh gitu, bentar ya..” dia trus nelpon bagian HRD, “Kalian coba tanya sama kak Ica, dia ada di pojok. Kalian tinggal lurus dan belok kiri ada cewek yang di meja pojok itu kak Ica.”

Dipojokan? kek jomblo aja.

“Makasih kak.”

Skip sampe kita duduk dan ngobrol lagi sama kak Ica yang nama sebenarnya adalah Nisa. Enak banget nama cewek, diganti sebagian hurufnya pun masih enak dipanggil. Kek putri dipanggil puput, Nisa dipanggil Ica, Lola dipangigil ola. Lah nama gue gak bisa, masa iya Wahyu diganti jadi Ayu.

“Kalian manajemen apa? kita bisa sih nerima anak magang, tapi paling anak SMK yang bagian otomotif dan admin gitu.”

“Manajemen keuangan kak. Iya, jurusan kami juga baru pertama kalinya ngadain magang”

“Keuangan ya? gimana kalo kalian bawa surat dari kampus dan CV dulu, trus dimasukin kesini. Tapi ya, kita belum tentu jamin kalian akan masuk keuangan. soalnya keuangan kan sensitif ya, tim auditnya pun dari pusat” katanya

“Gak harus dibagian keuangan sih kak”

“Oh gitu, yaudah coba aja bawa surat + CV nya dulu. Nanti kalo diterima kalian paling masuk ke bagian admin, ngurusin STNK atau surat lainnya” ngomongnya kek orang sunda.

“Gitu ya kak, oke deh. Yaudah kalo gitu kak kita permisi dulu, makasih kak infonya”

“Iyaa” Kak Nisa alias Ica senyum.

Kita bertiga pulang dan menimbang untuk membuat keputusan akan memasukkan CV ke dealer Honda atau mencari lagi perusahaan untuk magang.

Malamnya, gue dapat sms dari teman gue lainnya, isi smsnya “Yu, aku ada tempat untuk magang, tapi cuma bisa 2 aja. Aku sama kau. Kau mau gak?”

“Mau lah, aku juga belum dapat tempat” balas gue

Dan intinya, gue kan magang awal Februari 2015 sampe pertengahan maret 2015 di kantor PLN. Doaiin gue yah ๐Ÿ˜€

43 thoughts on “Praktek Kerja Lapangan

  1. PKL ya. Ini yang udah gue lewatin 1 tahun yang lalu, seru, sih. Banyak pengalaman yg ga ada di tulisan atau meteri slide yang berhari-hari dipantengin. Semangat yak..

    Note :
    Penggunaan kata ‘di’ diperhatikan ya, biasanya untuk kata benda dan tempat dipisah dan selain itu digabung
    Penggunaan kata B. Inggris dimiringkan sebaiknya.

    Semangat!!

  2. Hai…. kayaknya perdana nih saya berkunjung ke mari.. salam kenal yah saya jg alumni uin lho… tapi alumni uin makassar… ๐Ÿ˜€ semester lima udah mau PKL… cepat jg yaaakkk… emang itu dari jurusan suruh cari tempat magang sendiri yaaak… sy dri kampus yang urus gituan… klu kyk gt kan agak ribet jg tp syukurlah kmu udah dpt tempat magang. Yang semangat aja yaaakk ^^

  3. Aduh endingnya gitu banget -_- dari atas udah serius nyimak susah pedasnya. Tiba-tiba langsung di pln ajah. Hih. Semua cowok emang sama ajah!

    Btw, semoga kkn-nya berjalan lancar. Aku jadi inget jaman-jaman smk dulu, pas bingung-bingungnya nyari tempat magang, dan akhirnya dapet tempat magang yang enggak sesuai dengan jurusan. Hehe

  4. Wih, udah semester 5. Semoga sukses broh!! ๐Ÿ™‚
    Usaha lo gak sia-sia bro. Walaupun udah pergi ke dua PT, eh, malemnya ada temen lo yg ajakin magang bareng. Rezeki itu gak kemana bro. ๐Ÿ™‚

Komen aja dulu, kali aja ntar ada yang stalking nama kamu

