Serba - Serbi

Memilih Gadget Sesuai Kebutuhan dan Kantong

Pertumbuhan pasar gadget sekarang seperti tidak terbendung lagi. Banyak gadget berplatform andorid bermunculan, tiap minggunya selalu saja ada yang baru, baik itu dari ‘nama’ lama ataupun ‘nama’ baru yang mencoba peruntungannya dipasaran. Sebagai konsumen yang bijak, hendaklah kita memilah mana yang sesuai dengan kebutuhan kita, gadget yang mampu menopang pekerjaan dan tentunya sesuai ketebalan kantong konsumen.

Gadget juga gak melulu harus mahal, karena produsen sekarang juga lebih pintar menggaet konsumen. Sekarang sudah banyak gadget untuk segmen low-end yang kualitasnya sudah terbilang bagus. Apalagi pasar Indonesia yang mayoritas masih berada di ekonomi menengah, gadget dengan harga terjangkau sangat dinantikan. Dan itu mengapa tidak perlu diherankan lagi di Indonesia banyak beredar gadget 1 jutaan kebawah.

Inilah yang terpikirkan produsen dari Smartfren dan Samsung. Menciptakan smartphone low-end untuk mengambil minat konsumen di Indonesia. Smartfren mengeluarkan Andromax G yang dibanderol dengan harga Rp. 949.000 (berdasarkan website Tabloid PULSA) dan Samsung yang mengusung Samsung Galaxy Young dengan banderol harga yang masih juga terjangkau yaitu Rp. 1.000.000 (Berdasarkan Website Tabloid PULSA).

Dari harga sudah terlihat Andromax G lebih hemat, namun pertanyaan muncul. Apakah hemat berarti buruk? Mari kita ulas satu persatu. Yuukk…

1. Layar

Dari segi layar, Andromax G (4 Inch) jelas terlihat lebih besar dibandingkan Samsung Galaxy Young (3.27 Inch). Jadi, dari segi fisik Andromax G saja konsumen sudah ditawarkan tampilan menarik yaitu layar yang lumayan lebar.

2. Kamera

Ini adalah satu fitur yang harus ada di setiap gadget zaman sekarang. Wabah selfie yang mengguncang dunia maya pun dimanfaatkan beberapa produsen untuk ‘menempelkan’ kamera yang mumpuni di gadget pabrikan mereka. Bagi anda yang suka selfie melalui kamera depan, Andromax G bisa diandalkan dengan kamera 1.3 MP yang melekat di smartphone ini.

Sedangkan jika anda lebih suka selfie menggunakan kamera belakang, Andromax G yang mengusung kamera primer 3.2 MP juga masih bisa diunggulkan daripada Samsung Galaxy Young yang hanya mengusung kamera beresolusi 3 MP. Dan saya yakin, pengguna smartphone sekarang akan menggunakan 75% smartphonenya untuk berfoto.

3. Hardware

Hal paling penting dalam sebuah samrtphone adalah processor dan RAM. Karena kapasitas processor dan RAM mempengaruhi kinerja smartphone tersebut. Konsumen harap maklum dengan spesifikasi hardware yang kurang ‘wah’ dari smartphone yang berada di segmen low-end, karena smartphone di segmen ini untuk memuaskan konsumen yang ingin memiliki gadget namun terjangkau.

Meskipun harga Andromax G kalah dengan Samsung Galaxy Young, namun soal spesifikasi hardware Andromax G tidak bisa di remehkan. Andromax G yang menggunakan Android 4.12 (JellyBean) menggunakan CPU berkecepatan 1.2 GHz dan dilengkapi GPU (Graphic Processor Unit) Adreno 203 sedangkan Samsung Galaxy Young yang juga menggunakan Android versi sama hanya dipasangi CPU berkecepatan 1 GHz. Dalam pengoperasian smartphone kecepatan pemrosesan data itu diperlukan.

Untuk masalah RAM (Random Access Memory) Andromax G yang bermodalkan RAM 512 MB harus mengakui keunggulan RAM Samsung Galaxy Young yang mengandalkan 768 MB.

4. DATA

Setelah puas dengan foto menggunakan smartphone, tentunya pengguna akan memamerkannya di media sosial. Karena itulah, samrtphone harus bisa memuaskan pengguna dari segi konektivitas dan internet. Kedua samrtphone low-end ini sudah bisa digunakan dalam jaringan 3G. Jadi, untuk masalah konektivitas keduanya sudah cukup memuaskan pengguna.

———

Itu beberapa hal yang bisa kalian bandingkan dalam memilih smartphone low-end. Dan dengan dibanderol harga Rp. 1.000.000 kebawah, tentunya kedua smartphone tadi sudah cocok untuk pengguna yang ingin memiliki ponsel ber-OS android. Dalam konteks ini Andromax G lebih diunggulkan untuk smartphone android dengan harga dibawah 1 juta.

Untuk selengkapnya, mari lihat video berikut ini.

Advertisements

21 thoughts on “Memilih Gadget Sesuai Kebutuhan dan Kantong

  1. efek ngantuk pas k blognya wahyu..
    masa kei baca judul postingan ini ” Memilih Gender Seuai Kebutuhan….” (=.=)
    maaf ya yu mata tinggal 5 watt soalnya..wkwkwk
    tapii emng bner bngt klo pilih hape kudu sesuai kebutuhan ama dana…
    hidup android!!!!

      1. πŸ˜† maap yee..semalem gw ngantuk ngantuk pas buka postingan ini..
        habis komen gw langsung merem bobok cantik..
        (.___.)> jd maap lah kl sampe salah baca judulnya
        btw komplit bngt bahasan ttg hapenya.. bantu bngt lah ngasih pencerahan buat y mau nyari hape murah tapi oke *halah

Komen aja dulu, kali aja ntar ada yang stalking nama kamu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s