Komedi · Serba - Serbi

Lagi Nulis #KAMFRET

Halo semuanya..

Gua sebelum ngeblog, udah mencoba nulis cerita pendek, sampe personal literature (Diary) dilaptop, dan jadi draft kotor yang udah gak terpakai, bisa dijual gak ya?. Karena ngerasa gak ada yang baca tulisan gua, makanya gua ngeblog. Tapi tetap, gua juga buat cerita pendek, untuk diikutkan lomba. Di blog ini juga ada artikel yang gua ikutkan lomba blog, tapi belum ada yang menang. šŸ˜€ eh salah emot ding, harusnya kan gini šŸ˜¦

Tanggal 30 April kemaren gua ngikutin timeline salah satu penerbit yang lagi ngumumin cerpen yang lolos dan cerpen gua itu masuk 30 besar cerita yang akan dibukukan. Itu cerpen komedi yang gua kirim karena ngikutin lomba #GokilAntiMainstream di @Medpressfiksi. Sumpah gua senang banget, dari sekian banyak naskah yang gua ikutkan lomba, ahirnya ada yang terpilih.

Nah, di tulisan singkat ini, gua mau ngasitau kalo gua mau ngomong serius, bukan, bukan gua mau ngelamar lu ya. Gua mau ngikutin sayembara yang diadain penerbit kondang komedi yaitu BUKUNE. Jadinya, gua mungkin akan sedikit jarang update ini blog. Tapi akan tetap update kok, minimal seminggu sekali aja sepertinya. Karena gua bakalan mengisi hari dengan menulis naskah untuk sayembara.

Oke, sayembaranya adalah #KAMFRET.

#KAMFRET adalah Kompetisi Menulis Fiksi Remaja Terkocak. Iya, itu adalah kompetisi menulis fiksi komedi, dan pokoke kocak. Sebagai penikmat komedi, gua jadi tertantang untuk lomba lari sama JUPE, eh maksudnya untuk menulis cerita fiksi terkocak. Apalagi cerpen komedi gua masuk 30 besar, gua jadi semakin yakin sama passion gua untuk nulis di genre komedi.

#KAMFRET ini jangka waktunya sampe 31 Agustus 2014, ada sekitar lebih dari 3 bulan untuk nyiapin naskah terkocak. Kategorinya pun pas banget, ada yang remaja (12 tahun sampe 18 tahun) dan dewasa (18 tahun sampe 28 tahun). Keknya gua akan ngambil cerita di kategori dewasa, karena umur gua memang 19 tahun, dan cerita di perkuliahan lebih banyak kocaknya, karena gua juga mulai mendalami dunia stand up comedy, gua mulai open mic, dan gua juga udah mulai ikutin lomba stand up comedy, jadi keknya cocok.

Selain memang pengen hadiahnya, gua itu juga pengen dapet kontrak penulisan kalo menang. Gimana enggak sih, hadiahnya untuk juara 1 itu 5 juta, juara dua itu 3 juta, dan juara 3 itu 1.5 juta untuk setiap kategori, itu nominal yang gede buat gua sebagai anak yang tidak kaya. Ada juga Goodie bag dan Paket buku. Ya gua tau, banyak penulis berbakat diluaran sana yang juga menginginkan itu. Gua mau mencoba, dan mengasah lagi kekocakan gua didalam tulisan. Gua harus bisa mencari ide untuk menjadi cerita yang unik, segar, karakternya kuat dan konfliknya jelas. Pekerjaan berat karena gua kurang pinter mendeskripsikan sesuatu. But, i have to try this competition.

Panjang naskah yang di wajibkan masih dalam standar gua. Panjang naskah #KAMFRET 60-120 halaman A4, spasi 1, 12 pt, Times New Roman. Hehe, doaiin gua biar bisa selesain naskah sebelum jatuh tempo ya, menang mah entar aja, yang penting naskah selesai, karena gua itu orangnya kurang konsisten.

Udah ah, terimakasih udah baca. Oh iya, kalo ada yang mau tau #KAMFRET lebih jelas, dan pengen ikutan Kompetisi ini, baca aja favorit @RyAzzura.@wahyuyuwono_

Daaaaaaaaahh…

52 thoughts on “Lagi Nulis #KAMFRET

  1. entah angin apa yg membuat saya tersesat di blog ini #eh
    sukses #KAMFRET-nya om! andai aku jg termasuk orang2 yg bisa meng-kamfret-kan tulisan #halah

      1. Pengenya sih gitu.. Ya kalau ada ide gue coba nulis dah.. Doain juga biar waktu nulis selesai sebelum tempo haha

  2. waah gokil niih. pernah coba malah jadi absurd fiksi komediku. mungkin jalanku di genre fiksi yang lain ya šŸ˜€
    good luck beroo šŸ˜€

  3. Eh ikutan juga. Saya juga pernah loh menang 10 besar cerpen fiksi komedi di Bukune, jadi ngerasa ada bakat juga di genre ini. šŸ˜Ž
    Naskah lagi mandek baru sampe daftari isi, prolog, sama profil penulis. Yu ah nulis, yg Komika Keder rombak aja tuh buat kamfret.

    1. šŸ˜€ iya, karena tertantang menulis novel komedi, jadi ikutan. Keknya kalo untuk #Kamfret beda cerita lagi deh, gak komika keder itu :))

  4. Yg diharepin sih ya menangnya šŸ˜€ Lumayan hadiahnya tuh. Eh ada typo diparagraf 2 “MEGNISI hari dengan menulis naskah šŸ˜€ *teliti kan*

Komen aja dulu, kali aja ntar ada yang stalking nama kamu

