Belajar Stopmotion

Halo..

Tepat tanggal 7 Mei kemaren Melly ulang tahun yang ke 20. Weh, lu semua gak ngucapin selamat ulang tahun gitu untuk Melly?, ucapin dong, mention aja @mellyandriani2

Tahun ini gua lagi kere, dan bingung mau ngasi surprise gimana. Kalo tahun lalu gua berhasil buat dia speechless dan dengan sendirinya dia luluh lantah seperti samsons jatuh kepelukan gua. Tahun ini gak bisa. Tahun ini di bulan Mei ini seperti kata kangen band “Mei kau telah berubah, jadikan hidupku kere”, gua gak bisa lagi buat surprise di cafe. Jangankan dicafe, di tempat makan batagor aja gak bisa.

Gua baca – baca lah artikel di Kaskus, bukan artikel BB++ ya. Itu mah kerjaannya dosen kalo mau ngasi nilai. Lalu gua mendapatkan artikel dengan judul “Jika tidak mampu romantis, katakan dengan ini!” dan “Katakan tidak pada narkoba” :D. Gua itu romantis sih, tapi lagi gak ada dana, dan jadinya gak romantis. Makan aja nyari tempat pesta, lihat dipapan nama siapa yang pesta, ntar waktu datang juga bakalan di sambut dengan ucapan “Silahkan, temennya (nama pengantin) ya”, enak banget kan. Gua mah langsung jawab dengan senyuman lebar, selebar baju HULK kalo dibuat gorden “Iya bu”. Makan gratis BHUAHAHA *Ketawa antagonis*

Setelah baca sampe abis tuh artikel, gua jadi dapat ide, dan gua bakalan buat stopmotion untuk ulang tahun Melly. Ngerasa sok udah tau, gua langsung kebingungan setelah tab browser di tutup, “Lah, gimana buatnya yak?”. Bukan cuma itu, kalo mau buat stopmotion untuk ulang tahun kan mesti ada ceritanya, bagi gua stopmotion ini film pendek, pendek banget. Durasi palingan 4 menit atau 6 menit.

Gua baca aja tuh artikel cepat – cepat, dan gak merhatiin tata cara pembuatannya. Gua mikirnya itu video yang kemudian di slowmotion. Tapi, setelah gua search lagi di yutub, gua rasa itu bukan video yang diperlambat. Gua rasa itu adalah rasa stroberry, tapi gak pake gula ya bang, kan strowberry udah manis. Manis gundulmu, wong gua makan strowberry itu asem. Iklan-nya gak realistis sama kehidupan gua.

Gua rasa itu adalah gambar, trus disatuin, dan di atur sesuai lagu yang diputar, kalo mau lebih lengkap mengenai apa itu stopmotion, jangan tanya gua. Tanya gua soal cinta #tsah. lu bisa cari di Wikipedia atau om google. Karena gua juga baru dengar, dan baru mempraktekkan stopmotion. gua masih newbie.

Oke, gua udah tau tata caranya, dan sekarang gua harus mikirin lagi alurnya, dan lagunya. Setelah membandingkan antara stasiun balapan dan cucak rowo, gua akhirnya memilih memasukkan lagu The Click Five yang judulnya Happy Birthday. Lagu udah ada, dan tahap selanjutnya, gua mikirin alurnya, dan gambar apa yang bakalan menjadi aktor tidak dikenal nanti.

Gua lihat lagi video stopmotion yang ada di yutub, gua ambil beberapa scene yang menarik, dan gua inovasiin. Tema stopmotion gua adalah “Ucapan selamat ulang tahun” jadi gua akan lebih mengutamakan ucapan daripada pengantar. Kalo kebanyakan diyutub ada kapan dia lahir, sekarang umurnya berapa, dan akhirnya ucapan dari temennya. Setelah berpikir dan beradu cerdas cermat sama kimberly rider, dan Raisa Andriana gua akhirnya punya alur cerita.

Jadi nanti di stopmotion itu, gua akan menghadirkan 5 anak kecil dari kertas yang berpegangan tangan, dan dari masing – masing mereka ngucapin satu kata yang kalo digabungin akan membentuk kalimat “Selamat Ulang Tahun Melly Andriani”. Lalu di scene kedua setelah lirik lagunya ada kata “Happy Birtday” gua akan buat kelima orang tadi, seolah olah sudah menyiapkan kado untuk Melly, dan mereka akan memberikannya dalam bentuk digital. Setelah itu, baru gua akan buat kelima anak kecil tersebut mengucapkan “I love you Melly Andriani”. Dan sesi terakhir adalah, ucapan selamat ulang tahun dari gua dan temen – temen gua.

Gua pun ngumpulin gambar, dengan minjam kamera abang gua. Karena bakat memotret gua seperti bakat relawan yang nyanyi orang di pesta kawinan, iya ancur. Gambar – gambar yang gua ambil gak rapi, tapi masih bisa digunakan. Daripada gua mengulang lagi, dan belum tentu hasil jepretan berikutnya sebagus wajah Maudy Ayunda, gua langsung kumpulin aja tuh gambar, besoknya baru diedit pake movie maker.

Untung aja laptop gua gak ngehank waktu gua ngedit videonya. Soalnya kalo udah lama buka Movie Maker laptop gua bakalan lelet sampe gak bisa dioperasikan, ujung – ujungnya matiin paksa, soalnya mau gua hipnotis gak bisa, malah gua yang tidur, karena layarnya memantulkan mantra.

Stopmotion yang gua buat ini, spesial untuk Melly Andriani. Meskipun masih amburadul tapi gak ambur amburin uang. Gua baru pertama kali buat stopmotion, dan akan terus belajar untuk buat stopmotion yang lebih baik. Sama kayak hubungan kita, aku akan terus belajar untuk mempertahankanmu. MERDEKA!! MERDEKA atau tirai nomor 2. HAHAHA 😀

Videonya sangat amburadul, karena ini video yang pertama.

13 thoughts on “Belajar Stopmotion

Komen aja dulu, kali aja ntar ada yang stalking nama kamu

