Tips Wono

Tips Stand Up Comedy

Halo semuanya..

Gua udah jarang banget ngebahas tentang Stand Up Comedy. Padahal gua dulu pengennya ini blog berisikan tentang edukasi untuk pemula yang sedang mendalami Stand Up Comedy. Gua juga pemula dalam dunia SUC ini. Gua juga belum nampil di tv, di radio, ataupun acara yang menghasilkan uang. Gua baru nyobain open mic 3x, dan acara lainnya 3 kali. Jadi baru 6x gua perform suc.

Materi postingan kali ini udah gua siapin selama 3 bulan, tapi karena setiap bulan temanya berbeda, gua jadi ngelupain coretan ini. Nah, karena sekarang waktunya tepat, gua lagi gak ada ide ngomongin percintaan, ya gua omongin tentang SUC aja. Statistik menunjukkan, orang banyak nyasar ke blog gua karena keyword “Materi stand up comedy”, dan gua ada di page one google dengan keyword tersebut. Page one ya, bukan urutan pertama.

Oke, langsung masuk ke bahasan utama. Gua akan ngasi tips yang udah banyak sebenarnya di tuliskan di blog lain, tapi gua gak copas kok. Ini asli opini gua aja.

1.Kumpulkan Materi
Sepertinya mudah kan, tapi sebenarnya ini tantangan pertama loh. Materi kalo mau ngena banget ya harus ditulis sendiri. Memang sih, wajar aja lu make materi orang waktu pertama open mic. Misalnya make materinya komika favorit lu. Itu wajar, karena lu masih belum pede, kalo materi yang lu tulis bakalan lucu. Tapi gak bisa selamanya lu make materi orang, gua sendiri make materi beberapa komika favorit gua (Jui Purwoto, Muhadkly Acho) tapi setelah itu gua berusaha untuk ngumpulin materi asli gua. Pas gua perform, mereka tetap ada yang ketawa kok.

Nyusun materi gak bisa sembarangan. Karena lu bakalan sendirian ngomong dipanggung, entar kalo sembarangan nyusun materi, bisa seperti lu nya curhat dipanggung. Di materi yang lu tulis, setidaknya harus ada Set Up sama punchline. SetUp itu bagian pengantar yang biasanya gak lucu, dan punchline itulah yang lucu, yang akan buat orang tertawa.

Sesederhana itu kok. Sederhana tapi bukan Rumah Makan.

2.Kuasai Materi
Nah, proses selanjutnya setelah lu ngumpulin materi adalah menguasai materi. Lu harus ngapalin materi yang lu tulis, latihan didepan kaca, di kamar mandi, kalo memang lu pengen ngedenger reaksi orang, ajak orang terdekat lu, untuk dengerin materi lu. Suruh mereka komen gimana penampilan lu. Tapi jangan bawa orang yang gak ngerti SUC ya. Bisa susah. bisa bisa dia cuman ngomong “Hmm.. Oh.. Ha”. Ya, dia kebingungan lu lagi ngapain.

Yang penting lu harus hapalin materi.

3. Kuasai Panggung
Gimana reaksi temen terdekat lu denger materi lu?

Kalo mereka udah ada ketawa atau senyum sedikit, it’s ok. Lu lanjutin aja untuk Open Mic. Open mic itu ajang untuk lu memulai proses menjadi komika profesional. Komika seperti Jui Purwoto, Muhadkly Acho, Babe Cabiita, semua pasti pernah ngerasain yang namanya open mic, dan gua yakin, mereka juga pasti pernah ngerasain grogi, dan materi yang buat orang diam gak ngerti.

Jadi, lu jangan malu materi lu ngebomb (gak lucu), karena itu baru permulaan. Gua juga udah singgung di postingan stand up comedy terdahulu. Gua pertama kali open mic itu absurd banget. Suara gua di pengeras suara aja gua gak dengar, materi gua udah acak – acakan, gak sesuai urutan lagi, tapi gua santai, dan asal lu tau, pertama kalinya gua open mic, gak ada satu orang pun yang ketawa. Miris bro.

4.Tetap Latihan
Terus aja ngumpulin materi untuk kemudian di performkan lagi. Ikutin open mic terus, dan lu bakalan ngerasain perubahan dalam diri lu. Yang akan berubah adalah : a. Perubahan Mental, lu akan semakin pede dan terbiasa berada dipanggung dengan dilihat orang banyak. b. Disturbance Handling, lu bakalan bisa improvisasi dipanggung, karena lu udah ngerasa panggung milik lu, walaupun materi lu itu gak lucu, tapi kalo lu kuasai panggung, lu bisa buat penonton terkekeh.

Jadi, tetap latihan ya untuk jadi komika. Jangan membenci karena lu pernah perform dan gak ada yang ketawa. Itu bagian dari professional.

Terimakasih. Gimana pengalaman open mic kalian? share dong dikolom komentar. Nyepik šŸ˜€

26 thoughts on “Tips Stand Up Comedy

  1. Nice post nih! Dari dulu gue pengen nyoba open mic tapi masih belum pd. Tapi temen gue udah ada yang nyaranin buat open mic sih hehe.

      1. Gue cewek, trus gue masih smp. Jadi agak minder, soalnya kebanyakan yang open mic kan anak kuliahan gitu. šŸ˜
        Btw, makasih semangatnya! Hehehe. Bulan depan deh kalo ada open mic lagi gue nyoba ikutan. *nyiapin materi* šŸ˜€

      2. Eh, salah kaprah. šŸ˜€ sorry

        Hmm.. Lebih bagus kalo dari kecil udah nyoba, jadi mental udah terlatih. Oke deh, jangan lupa diposting, biar gua baca pengalamannya gimana.

        Gua kalo udah ngomongin SUC jadi semangat. Gua cek loh bulan depan diblog Reka. šŸ˜€

  2. Trrima kasih banget bang.. gua kesambet pengen jadi komik.. pengalaman open mic pertama gue haha sempurna . Sempurna garingnya.. tapi gue kan blajar thanks bang..

    1. Sama bro. Gua juga sampe 3 x open mic, masih belum bisa dengar suara gua sendiri. Nah ke 4 sampe 6 baru bisa santai, dan menguasai panggung.

      Eh, gua bukan makhluk astral, kenapa pake kesambet. -_-

  3. sama nih bro… ane juga mo openmic… susun materi dibantuin sama 2 tmen gw… blom bisa nyusun materi sendiri… btw, ane anak smp juga šŸ™‚ tq bgt buat tipsnye bang…

  4. dan yang paling penting dalam berstandup comedy adalah, mental,delivery baru kemudian materi. gak ada materi yang gak lucu. cuma salah tempat dan penyampaian.
    kata bang mongol kuasai penonton dulu(riffing,roasting,atau onelineran) baru antar mereka ke materi. dan yang paling penting nikmatin panggung šŸ˜€
    enjoy the show

  5. maaf kalo salah, tapi setau saya pengantar yang gak lucu itu namanya set-up. kalo premis itu semacam tema dari bit. eniwei, great tips!

    1. Hehe, makasih pembenarannya, tapi sama aja sih premis sama set up kalo baca istilah di suc.metrotvnews.com *biar tidak ada perselisihan lebih lanjut diedit dulu dah.*

  6. wah, cukup bagus nih tips nya. Kalau boleh nambahin sering-sering tampil ntah itu open mic atau di event stand up show lainnya. Ngomong-ngomong, anggota komunitas stand up mana nih ?
    salam kenal dari @Standup_pwk (Stand Up Comedy Indonesia)

  7. Pertama kali gua open mic di sekolah. Waktu itu dipaksa tampil sama kelas tapi belum siap materi. Yaudah pake materi Dodit Mulyanto aja. Eh taunya pecah. Sampe sekarang gua belum ad kesempatan open mic lagi. Tapi makasih tipsnya yg bikin gue semangat menjadi komika baru.

  8. Ajarin gua stand up dong biar satu karawang ketawa. Gua ada lomba stand up nanti._. Doain ya guys.
    Btw.. Gua ini komika pemula :3

Komen aja dulu, kali aja ntar ada yang stalking nama kamu

