Komedi

Ngelantur #LontangLantung

Hai Hai..

Balik lagi, gue Wahyu Yuwono. Akan memberikan kecerian dihari ini. khusus untuk anda.

Ngelantur adalah acara yang gua design untuk tanya jawab kepada beberapa narasumber yang asyik juga pastinya. Ngelantur ini hadir tanpa jadwal. seiring dengan narasumber yang entah gue dapetin dari mana aja. yang penting, mungkin ini akan ada untuk kedepannya.

Dipostingan sebelumnya gue pernah menuliskan review tentang novel lontang lantung yang ditulis Roy Saputra. Lalu setelah gue melihat peluang “Hmm.. Sepertinya seru kalau dibuat tanya jawab sama bg Roy Saputra”. Gue nekat ngirim permohonan sama dia via email. Alhamdulillah diterima, dan meski gue nunggu lama. Roy Saputra yang profilnya bisa lu korek di saputraroy.com . yang gue tau, dia orang kantoran. Udah gitu aja.

Tanya jawab ini sudah dibuat dan diedit sedemikian rupa – rupa warnanya.

 Empunya Lontang – Lantung


Mari kita kenalan dulu dengan bang Roy. Sejak kapan rajin menulis bg?

Aktif menulis sejak masih sekolah sih ya. Tapi rajin menulis untuk bercerita dan menghibur itu bermula di milis waktu kuliah. Lalu aktif ngeblog sejak 2008, sampai sekarang.

Hmm.. Blogger aktif juga ya. Lulusan mana bg? Kok bisa nulis novel?

Kuliah sih di Teknik Industri UI.

Kalo bisa nulis novel itu agak panjang ceritanya. Semua bermula keasikan nulis di blog dan suatu hari, terbesit ide yang kayaknya seru juga kalo dibukuin. Lalu menulis 100 halaman lebih dan kirim ke beberapa penerbit. Tahun 2009 lahir deh buku pertama gua.

Kapan terakhir kali nyium tangan mama?

Kalo tangan sih ga pernah kayaknya. Sukanya nyium pipi dan itu hampir setiap pagi.

Lontang lantung itu novel apa sih bg? Horror ya?

Bener, ini novel horor banget. Tentang sarjana baru lulus yang susah nyari kerja. Horor banget kan tuh?

Iya bg, horor banget. lebih horor dari papa minta pulsa

Hahahaha

Soalnya pernah search diinternet, lontang lantung gambarnya orang nganga

Nah itu cover buku edisi yang lama, Luntang-lantung. Ceritanya orang nganga itu stress karena ga dapet-dapet kerja.

Berarti ini buku cetakan ulang?

Nah, Lontang-lantung ini edisi revisi dan kemasan ulang dari Luntang-lantung. Banyak yang dibenerin mulai dari cover, pemetaan emosi, dinamika diksi, penghalusan adegan, dan pembentukan karakter.

Ari Budiman itu Roy Saputra dikehidupan nyata kagak?

Pertanyaan yang bagus. Beberapa emosi, pemikiran, dan kejadian di novel ini terinspirasi dari kisah nyata gua sendiri. Jadi ya, 50-50 kali ya.

Phone a Friend juga bisa bg.

lagi kuis ya?

Pas nulis lonlan ini, pernah ketawa – ketawa sendiri gak.?

Adegan favorit gua sendiri adalah saat Ari Budiman diwawancarai oleh bos Glory Oil. Di bagian situ, gua sering ketawa sendiri pas baca ulang.

Oiya bang, gue denger dari bisik – bisik tetangga ini novel bakal difilmin, bener gak sih, atau hanya isu dari mulut kemulut?

Bener banget!

Novel ini bakal nongol dalam format film. November kemarin proses syuting udah kelar dan mudah-mudahan bisa tayang di bioskop kesayangan kalian semua di awal tahun 2014.

Gimana sih rasanya punya novel yang difilmin?

Rasanya seneng, bangga, campur khawatir juga. Tapi di luar semua itu, novel ini adalah pembuktian bahwa kerja keras tak kan mengkhianati.

Kok kayak lirik lagu JKT48 ya? 

Naluri fans lo keluar itu. Tenang, Nabilah masih latihan.

Hahaha..

Terus, mengenai novel ini difilmin, usaha lo apa aja sih supaya ngegaet produser?

Awalnya gua usaha sendiri, ngirim ke rumah produksi sana-sini. Tapi yang membuat berhasil adalah seorang teman bernama Kania Kismandi yang berhasil “menjual” Luntang-lantung ke produser dari rumah produksi Maxima Pictures. selengkapnya baca aja disini

Semoga sukses ya bg dengan filmnya, gue lagi nungguin kuis untuk dapet tiket gratis nonton lonlan di 2014

Eaaa…

Masih seputar film lonlan, buat naskah filmnya sendiri atau enggak?

Ga. Naskah filmnya ditulis oleh Alim Sudio yang punya rekam jejak panjang dalam menulis naskah film.

Lebih suka deadline nikah atau deadline naskah?

Hahaha. Dua-duanya suka sih. Pada dasarnya gua suka tantangan dan dua deadline ini punya tantangannya tersendiri.

Pacar  ketawa gak baca novel ini?

Ketawa dong. Adegan kesukaan dia itu yang truk manggis. Kayak gimana ceritanya? Baca sendiri deh di Luntang-lantung.

Ada project mau buat novel lagi gak bg?

Gua memutuskan berhenti menulis untuk diperjualbelikan sampai batas waktu yang belum ditentukan. Iklim industri yang lagi bias dan keberpihakan penerbit membuat gua memutuskan untuk istirahat dan fokus di blog.

Lebih suka nulis diblog apa twitter, dinding ruang kerja kantor?

Saat ini lagi menggandrungi (halah) nulis di blog. Lebih bebas dan bisa menghasilkan uang juga.

Apa kata motivasi yang mau lo sampein untuk penulis pemula?

Menulislah dengan jujur dan membawa pesan positif. Kita ga akan pernah tau perbaikan apa yang mungkin muncul dari orang-orang yang udah baca buku kita. Udah, gitu aja.

Terakhir nih bg, apa kata yang bisa mewakili novel beserta film lonlan ini.?

Satu kata: bersyukur. Akhir kata, selamat ber-lontang-lantung

Komen aja dulu, kali aja ntar ada yang stalking nama kamu

