Novel dan Film

Lontang -Lantung

Judul : Lontang Lantung
Penulis : Roy Saputra
Penerbit : Bukune
ISBN :9786022201106
Harga : 50 ribu nego, lupa soalnya

“Ri, namaku tak ada disini,” kata Togar menggaruk – garuk kepalanya. Nama Togar jelas nggak ada. Dia kan, nggak pernah masukin lamaran
Gue mendekat kearah Togar dan sedikit berbisik, “Coba lo liat, di situ, ada yang namanya Batak, tapi masih kosong, nggak? lo tanda tangan disitu aja. ngaku – ngaku jadi dia.”
“Kenapa pula mesti nama Batak?”
“Gini, ya, Gar. Badan gede, muka kotak, dan logat Batak gitu, masa iya nama lo paijo?”
“Ah, pintar juga kau. Tak percuma mamak kau sekolahkan kau tinggi – tinggi!” Togar semangat mencari nama Batak yang kosong, “Eh, Ri. Ketemu, nih!”
“Siapa?”
“Rani Pangabean!”
“Yang cowok, Gar. Yang cowok.” gue menunduk malas
“Ah, iya. benar juga kau!”
Togar menelusuri lagi daftar dan berhasil menemukan nama yang sepertinya pantas untuknya. Yohan Sitompul.
“Silahkan tanda tangan disini, Pak Yohan.” mbak penjaga menunjuk kolom yang kosong.
“Ah, iya. Yohan, Yohan. memang aku itu Yohan. Yohan Sitompul. Terima kasih banyak, Mbak. Salam hangat dari saya; Yohan Sitompul.” Togar yang grogi, mengulang – ngulang nama Yohan membuatnya terlihat kikuk dan aneh

Rangkuman menurut gue *Nyeduh Kopi*

Gila…

ini novel kelucuannya pecah banget. kalo dia standup comedy, gue pasti udah ke toilet untuk muntah, perut gue kesakitan dengar kelucuan yang dijabarkan dinovel ini. gue gak tau Roy Saputra mantan apa, tapi dia kocak banget. ditambah dengan sedikit komik yang ada disana, lebih keren, ada ilustrasinya.

pecah, Gila..

Kisah Ari Budiman yang mencari kerja, sampai dari Toko minyak yang naik pangkat dan seakan – akan itu adalah perusahaan minyak. OLI GREEENG KAKAAAA

tanpa diksi dan kalimat yang nyastra lainnya, tapi suspensi atau kejutan yang dihadirkannya bisa buat lo berhenti untuk ngunyah kacang atau ngunyah kenangan mantan. lo bisa ngelupain dulu masalah yang terjadi, tugas kampus, dan lo siapin baca ini.

belum sampe akhir aja udah banyak kejutan. gue ngira, diakhir hasilnya hanya akan, yah biasa. tapi sekali lagi, kampret banget si Roy Saputra buat cerita beginian. mecahin telor angry bird, diakhir cerita, ada kejutan lagi yang buat gue senyum – senyum setelah menyelesaikannya.

meskipun ini komedi, jangan anggap ini tidak ada artinya, dan hanya komedi. ada perjuangan, kesabaran, dan kata – kata yang bisa buat lo mikir dua kali sama kehidupan lo sekarang, lo bakal mikirin “Oh ternyata begini susahnya nyari kerja dengan persaingan yang ketat dan gengsi yang super tinggi” dan di Novel ini lo juga bakal ngedapatin satu makna tersirat yaitu : “Orang yang nilai akademiknya bagus, IPK tinggi, belum tentu mudah dalam mencari kerja” hasilnya bisa lo baca di novel ini dengan karakter Suketi. dia lebih duluan mendapatkan pekerjaan dibandingkan Ari Budiman yang dulunya nilai – nilai akademik itu lebih tinggi Ari.

You see? masih mau ngejar nilai? itu pilihan lo sobat

menurut gue, Novel ini recomended banget buat lo semua yang lagi kesal, patah hati, lo akan dihibur dengan kehadiran novel ini. oh ya, gue dengar – dengar novel ini akan dibuatkan film, nah, bagi lo semua yang lebih menyukai media visual dibandingkan media tulis, membaca beratus – ratus halaman didalam novel ini, sepertinya itu film cocok buat lo tonton. bareng temen yang lagi nyari kerja, bareng temen kos, bareng pacar (kalau ada), atau bahkan bareng orang yang baru lo kenal.

akhir kata dari gue. luangkan sedikit waktu lo untuk membaca. waktu yang terbatas, dunia yang selalu terburu – buru, waktu yang terasa semakin cepat. kapan lagi lo bisa nikmatin ini semua, hiburan itu banyak medianya hanya saja lo yang gak ada waktu untuk meliriknya. yah, itu jadinya lo stres.

sekali lagi dan untuk terakhir kalinya, ini untuk Roy Saputra

“OLI GRENG-NYA KAKAAAAA” (Teriak pake speker janda tetangga)

Advertisements

7 thoughts on “Lontang -Lantung

Komen aja dulu, kali aja ntar ada yang stalking nama kamu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s