Serba - Serbi

Happy Birthday Dear Melly

Cerita ini mungkin udah di ada dibulan Mei 2013 lalu. tapi baru gue publikasikan. anggap aja lo lagi berada di tanggal 29 April 2013.

Sekarang hari senin. Namun gue masih marah sama Melly karena kejadian dihari minggu. Padahal hari selasanya gue bakalan ulang tahun yang ke 18. Tapi dia malah gituin gue.  dan seminggu kemudian Melly yang bakalan ulang tahun ke 19.

Gak enak banget kalo hari ulang tahun itu berdekatan. Tanggal 30 april gue traktir dia, dan pas tanggal 7 mei gue beliin dia kado. Dompet gue mulai mengalami gejala sesak nafas dan kemungkinan akan kanker dalam waktu dekat.

Gue sebenarnya gak suka sama yang namanya perayaan ulang tahun, dengernya aja gue males apa lagi ngerayainnya. Bukannya senang, gue malah sedih. karena sisa umur gue tinggal sedikit, tapi ini bertolak belakang dengan Melly yang menganggap ulang tahun itu penting di rayain. Ya .. minimal dengan pemberian kado.

Lagian menurut gue ngerayain ulang tahun itu aneh ya. Katanya tiup lilin tapi kok yang ditiup apinya. Terus saat kata kata ‘potong kuenya potong kuenya potong kuenya sekarang juga sekarang juga’ gue yakin itu yang nyanyiin udah pada laper jadi nyanyi begitu.

Ada lagi anak anak alay yang katanya yang mereka lakuin itu buat seru seruan padahal menurut gue itu lebay banget. Sering lo liat di sekolah, di kampus dan ditaman bahkan ditv. Ada orang yang lagi ulang tahun terus diceplokin telur dan di siram tepung, di ceburin got dan di ikat dipohon toge. Mau ngerjain apa mau buat bolu. Dan yang lebih alaynya lagi mereka difoto lalu dijadiin profile picture. Gue rasa makhluk alay itu alien dari Pluto.

Dari kecil gue itu gak pernah diajarin untuk merayakan hari ulang tahun. Jadi itu yang buat gue sampe hari ini susah merayakan ulang tahun walaupun itu ulang tahun keluarga gue dan pacar gue. gue gak peduli lah apa kata orang yang bilang gue gak menghargai hari lahir, tapi bagi gue cukup bersyukur aja.

Dan ada kata kata yang sering diucapkan setelah telor diceplokin. ‘Traktirannya dong’ ini sepertinya sudah menjadi rukun ketiga  ulang tahun setelah rukun kedua ‘ceplokin telor’. Rukun pertama ‘ngerjain orang yang ulang tahun’.

Tapi ulang tahun kali ini. Gue ngerayainnya . walau hanya dengan makan malam bersama pacar gue.

Siang itu ketika gue sedang bermain futsal bersama teman sekelas gue. gue baru masuk lapangan. Gue lihat dikejauhan ada seorang wanita bersama seorang laki laki yang sedikit pendek darinya. Gue liat wanita itu membawa kue tart dan gue samar samar mengenalnya.

Melly sama sahabatnya sedang menuju kearah gue. Melly membawa kue tart itu seperti membawa bendera saat upacara bendera. Kaku banget. Dan temannya tadi yang merupakan sahabatnya membawa kado yang lebih besar dari tubuhnya. Kok dia bisa ya padahal dia bukan atlet angkat burble.

Gue yang tadinya mau main gak jadi main karena kedatangan Melly.

Dia nyamperin gue yang lagi nafsu buat ngegocek bola. Dan menyuruh gue untuk make a wish sebelum meniup balon. Eh lilin.

Gue ngerasa aneh banget gitu. Gue berdoa sebelum niup lilin. Emang ada diajarin agama?. Tiuplah lilin sebelum berdoa, aduh kebalik berdoalah sebelum meniup lilin maksud gue. Dibuku yang doa doa buat anak sd yang gue tau doa sebelum makan, doa sebelum tidur, doa sebelum meniggalkan rumah, doa sebelum meniup lilin itu gak ada, dan belum gue temuin.

Tapi mau gak mau sih gue harus ngelakuin ini. Karena udah pernah setahun yang lalu dia gituin gue dan gue tolak buat niup lilin dan hasilnya kita berantem, cakar cakaran, jambak jambakan dan cubit cubitan. Gue cewek apa cowok sih. Gak gentle banget kelahinya.

Tapi saat gue berumur 18 tahun ini gue turutin mau dia. Gue make a wish terus tiup lilinnya. Gue yakin banget kue kue itu akan terkontaminasi dengan air liur gue. hahaha. Muntah muntah situ teman gue makannya.

Setelah gue tiup lilinnya, Melly juga nyuruh gue buat ngambil 1 kuenya. selebihnya buat temen temen gue.gue ngambil kue yang dilapisi cokelat dan berbentuk seperti rubik. Kata Melly sih brownis. Gue gak tau, yang penting enak aja gitu.

Gue lihat sebuah bingkisan kado yang besar. Lalu gue ngebukanya.

Kadonya mirip di tv tv. Gue buka kadonya ada kotak lagi, gue buka lagi ada kotak lagi dan gue buka lagi baru ada hadiahnya. Niat banget ya pacar gue.

Sebelum ngebuka kado yang di kotak kecil gue dapat ucapan

Happy Birthday My Apple In My Eyes

Wish you all the best dear *emot cium*

Get older and get better

I love you so much Wahyu yuwono

Once again happy birthday *emot cium*

Kadonya itu memang simple. Ya cuman celana, tapi itu berkesan, karena gue pengen beli celana itu tapi gak ada uang. Jadi sangat berkesan dan surprise banget, dan untung gue gak di ceplokin telur gak di lempar tepung dan gak di masukin ke oven.

‘makasih sayang kadonya’ gue bilang sama dia sambil gue senyum lebar lebar.

‘suka kan sama kadonya’

‘suka dong, lagi pengen ini banget, tau aja kamu’ sambil cubit hidungnya

‘yaudah main futsal sana’

‘okeh’

v

Karena jarang olahraga gue ngap ngap setelah main 30 menit. Mana gue gak ada nyetak lagi, cuman ngegocek doang. Kalo bahasa kerennya gue itu memberikan assist.

Setelah waktu penyewaan lapangan futsal selesai. Teman teman gue yg tadinya sok sok malu ngambil brownis mulai ngambil kue yang tinggal 6. Dan itu semua udah terkontaminasi sama air ludah gue. yang bisa menyebabkan demam berdarah, gigi bolong, dan kompor meleduk. (lagu dong)

Kasian banget gue ngeliat orang kota yang mau olahraga aja musti nyewa. Gue orang dari kampung mah enak. Lapangan disana luas banget, kena kaca rumah janda gue lari. Kolam renang di kampung mah luas seluas sungai. Memang sungai sih. Yang penting bsa untuk tempat berenang. Dan semuanya gratis.

Ada temen gue yang mirip Giant di kartun doraemon. Gendut, pendek dan lucu. Dia ngambil brownis 2. Dia lebih banyak memiliki potensi untuk terserung penyakit flu mendadak, dan gigi ompong lebih banyak.

Malamnya gue traktir pacar gue. di salah satu restoran khusus makanan dengan menu ikan lele. Dan disana ada kompensasi bagi yang berulang tahun, yaitu gratis makan disana. Asal menunjukkan ktpnya.

‘hahhaa ini adalah taktik supaya gue gak bangkrut’ ucap gue dalam hati dan dalam keadaan berpikir sok kayak agen CIA.

Ternyata benar, disitu emang gratis untuk yang lagi ulang tahun. Gue tertawa girang

Selesai makan dari situ. Gue antarin dia ke rumahnya dan gue pulang kerumah gue.

v

Sekarang hari rabu, dan seminggu lagi adalah giliran gue untuk nyenengin dia dengan memberikan surprise dihari ulang tahunnya. Tahun kemaren jangankan buat surprise, ngasi kado aja kagak.

Enam hari berpikir baru gue dapat cara buat surprise untuk pacar gue. belajar dri ftv dan novel novel romantic gue akhirnya bisa ngebuat dia terharu dengan surprise gue.

Surprise gue itu sebenarnya udah biasa ditayangin di tv. Tapi baru kali ini  gue lakuin kepada orang yang gue sayang.

Siang itu gue teringat ada café yang bentuknya rumahan. Gue coba berbincang dengan marketing café tersebut. Gue utrakan maksud gue, untuk ngebuat surprise ulang tahun.

‘mas kalau saya buat acara untuk ulang tahun bisa gak? Tapi cuma nyewa 2 kru mas buat ngantarin kue’ tanya gue

‘mmm.. bisa bisa mas.’

‘ada biaya lagi gak tuh’

‘kalau cuma ngantarin kue yang ada lilinnya itu gak bayar mas, cukup bayar pesanan makanannya aja’

‘oh begitu, sip sip mas, bisa dinyanyiin lagu selamat ulang tahun juga gak mas?’

‘oo.. bisa mas, kebetulan kita lagi ada acara jamming acoustic. tempatnya disitu aja ya mas’ sambil nunjuk tempat yang ada sofanya

‘oh okeoke, tengkyu’ jawab gue lalu pulang

v

Sorenya gue antar kue brownis tapi cuma 5. Disini teman gue si Wanda

juga ikut andil dalam ngadain rencana ini. Tapi rencana ini tidak berjalan mulus ada sedikit hambatan saat pelaksanaannya.

Jam 19.05 setelah magrib gue langsung jemput dia dengan motor kesayangan gue. tapi sekali lagi rencana ini tidak terlalu mulus. Tiba tiba satu kilometer dari rumah gue hujan turun. Hujan kali ini tidak turun tepat waktu.

Gue gak bisa ngelanjutin perjalanan. Kemeja gue yang udah rapi kayak mau wisuda jadi basah, wajah gue yang udah kece jadi jelek lagi, padahal tadi gue ngaca lama banget sampe kacanya bête sendiri.

Gue berteduh di emperan ruko. Ruko bengkel sepertinya, banyak oli bertumpahan.

Setengah jam gue menunggu hujan reda di ruko bengkel itu, dan akhirnya hujan sedikit reda. Tapi apa boleh buat kemeja gue udah basah begitu juga dengan celana gue. dan motor kesayangan gue udah kotor lagi.

Sebelum sampe tujuan gue kesel ngeliat polisi yang lagi ngatur ngatur lalu lintas. Polisi itu nyuruh gue kekanan gue kekanan terus dia nyuruh gue kekiri. Gue kekikiri tapi lagi lagi dia nyuruh gue kekanan. Gue jadi heran, ini polisi bukan pacar gue tapi ngatur ngatur.

Gue lanjutin perjalanan menuju rumahnya. Dan yang gak enaknya adalah di tempat dia gak hujan. Sementara gue udah jelek lagi. Kita berangkkat dari rumahnya dan sampe café tersebut satu jam setelahnya. Bukan masalah jauhnya café tersebut, cuman masalah jaraknya aja.(apa bedanya)

Ternyata temen gue si Wanda udah sampe duluan di café itu.

Lalu kita bertiga memesan makanan yang sama dan minuman yang tidak sama. Melly memesan minuman oreo smooth atau apalah gitu, gue dan Wanda mesan lemon tea. Karena gue gak tau mau minum apa lagi, nama minumannya begitu asing.

Setengah jam kemudian makanan dan minuman yang kita pesan sudah menempati meja. Dan sudah menggoda supaya gue, melly, dan Wanda mau menjamah makanan ini. Gue bener bener tergoda sama makanannya.

‘makan yuk’ ungkap gue kepada melly dan Wanda dengan muka lapar

‘yaudah duluan aja’ kataWanda

‘ayoook’ kata Melly

Lalu gue liat ada kru yang mulai menaiki panggung dan membawa gitar. Gue rasa dia mau nyanyi. Pasti dia mau nyanyi. Gue yakin banget. Yakin banget.

‘tes tes’ sang penyanyi café mulai cek sound

Setelah cek sound maka bernyanyilah dia. Lagu pertama begitu galau buat gue. Mellow, santai, dan lagu berbahasa inggris, makanya gue galau.

Dan selama lagu pertama ini dinyanyiin gue gemeteran.

‘Gue yang mau ngasi surprise malah gue yang gemeteran’ Pikir gue.

Melihat gelagat aneh gue, Melly nanya ke gue

‘sayang… kamu kenapa?’ tanyanya datar

‘ga kenapa napa, cuma kedinginan aja’ bohong gue, padahal gue nungguin moment penyanyian lagu selamat ulang tahun.

‘oh yaudah deh’ jawabnya cuek

‘moga aja dia gak tau niat gue, haaaahha’ ketawa girang tapi dalam hati

Gue makin menggigil, makin gelisah dan makin salah tingkah. Gue mencoba kalem dengan cara mainin hape dan sesekali melihat kearah penyanyi tadi. Dan tiba akhirnya moment itu.yaitu pada lagu kedua

Pertama tama penyanyi itu menyampaikan salam pengantar

‘selamat malam semuanya. Selamat datang di burger gaboh pekanbaru, selamat menikmati menu di café ini. Malam ini saya akan memberikan sebuah lagu special untuk someone special. Yang hadir disini, dan semoga terhibur. Buat Melly Andriani yang lagi berulang tahun, ini lagu buat kamu’ kata penyanyi itu

Gue meringis bahagia. Apalagi saat melihat Melly dengan wajahnya yang mulai memerah dan tingkahnya yang aneh karena dia kaget namanya dipanggil.  Mungkin dia gak nyangka gue bakalan ngelakuin ini. Secara gitu, gue orangnya cuek banget.

Dia masih belum sadar kalau itu adalah namanya. Dia baru sadar stelah ada 2 kru café yang mengantarkan kue ulang tahun beserta lilinnya.

Dan saat kue ulang tahun itu diantarkan ke gue buat gue kasiin lagi sama Melly. Penyanyi tadi menyanyikan lagu selamat ulang tahun dari Jamrud. Gue bahagia bukan kepalang, gue berhasil membuatnya menangis terharu.

Dia meluk gue, padahal gue masih megang kuenya. Dan gue dengar kru yang mengantarkan kue tadi mengatakan sama Melly ‘selamat ulang tahun ya kak’. Tapi Melly masih meluk gue.

Lagu selamat ulang tahun masih dinyanyikan.

Melly masih terharu sambil menggandeng tangan gue dan ketika dia make a wish gue liat dia menunduk dan gak berani untuk menatap gue. lilin pun sudah ditiup, sekali lagi Mely meluk gue. dan lagu selamat ulang tahun sudah berakhir dengan sedikit moment yang mengharukan dan menurut gue itu romantic walau bukan gue yang nyanyi.

v

Melly masih melihat lihat gue namun matanya masih berkaca kaca karena tadi sudah menangis terharu. mungkin dia pikir gue bukan wahyu yang bego itu, bukan wahyu yang cuek itu tapi gue adalah wahyu yang romantic dan dewasa.

Ada lima kue yang terletak di meja kami. Wanda mengambilnya satu, gue dan Melly mengambilnya satu.  Gue dan Melly lalu meminta Wanda untuk memotret kami dengan pose mengangkat kue itu, serta dengan pose melly nyuapin gue dan gue nyuapin brownies ke melly.

Gue seneng banget bisa ngebuat melly senang dan bahagia seperti malam ini. Sampe meluk gue lagi. Kapan lagi coba gue dipeluk cewe yang gue sayang. Biasanya gue diomelin.

Selesai kru tadi mengantarkan kue itu. Penyanyi tadi meminta kita naik ke panggung. Tapi melly gak mau. Dia masih tidak bisa menahan wajahnya yang kemerahan karena malu dan menangis.

Ternyata rencana gue berhasil. Gue berhasil ngebuat dia merasa senang. Gue berhasil ngebuat melly meluk gue, dan gue berhasil ngebuat surprise di ulang tahun dia kali ini. Walau harus terhalang pertamanya karena gerimis.

Sebelum kita meninggakan café tersebut. Disinilah Wanda memiliki peran. Yaitu sebagai potograper kami yang sedang suap suapan, sedang motong kue, dan niup lilin. Perannya sebagai peran pembantu aja.

Perayaan ulang tahun ini selesai. Waktunya gue bayar dikasir. Gue pergi kekasir sambil bawa 3 kue yang belum dimakan. Karena sengaja gue sisain buat kru yang udah ngebantu rencana gue tadi. Dan selesai ngebayar itu kita pulang. Tapi tidak searah dengan Wanda

karena gue terlebih dahulu nganterin melly.

Dijalan tiba tiba gerimis mengundang. Gue seneng banget.

Gue udah buat surprise untuk Melly dan sekarang cuaca mendukung gue untuk mengenang dimana gue mandi ujan bareng melly beberapa tahun yang lalu. Melly di belakang masih meluk gue dan terkadang dia nyubit pipinya sendiri. Mungkin gak percaya kalo gue itu beneran wahyu yang cuek itu.

Gerimis kali ini menghantar kan kita ke suasana romantic dan bahagia.

Bukan hanya ini surprise yang gue kasi ke dia. Sebenarnya ada hadiah satu lagi. 2 hari sebelum ulang tahun dia gue udah ngerencanain satu hadiah yang dia butuhin. Tas laptop untuk kuliah dia.

Disini pertama kali gue ke produk sophie. Gue mesan tas. Pertama masuk ruangan agen terasa dingin banget, ruangannya kecil kira kira 6 x 7 meter lah. Terus gue gak tau ada bau apaan, yang penting wangi. Rasanya pengen bawa tempat tidur kesitu. Gue sewa dan jadiin itu hotel sementara.

Gue pesan satu tas yang ada di catalog yang disediain. Gue mah kagak tau kalau dipesan dulu baru dibeli. Gue pikir bisa langsung bawa. Huuh gue harus nunggu 2 hari lagi. Tepat hari ulang tahunnya. Apa sempat ngebungkus hadiahnya gue bilang.

Dua hari kemudian paket itu sudah ada ditangan gue. bingung mau ngapain. Gue gak pernah bungkus kado, palingan juga seringnya bungkus nasi. Maklum mantan penjual nasi uduk.

Gue cuman masukin tas tadi ke kotak bekas sepatu. Dan tanpa bungkus kado gue cuman nambahin pita di kotaknya. Dan pitanya jug udah layu serta asal asalan gue buatnya.

Tepat jam 8 malam gue pergi kerumahnya bareng Wanda. Gue membawa motor dan Wanda yang megang kadonya dibelakang. Bukan kado sih tapi tas yang dimasukin ke kotak sepatu bekas..

Sampe depan kos dia. Gue nelpon dia.

‘sayang coba deh liat keluar, bulannya terang banget deh’ gue berusaha membohonginya dan berharap dia keluar

‘mana ada, nih aku liat dari jendela’ jawabnya

‘buset.. bohong gue gagal’ gumam gue dalam hati,tapi gue gak kehabisan akal

‘jendela kamu itu bohong, coba deh keluar’ bohong gue lagi

‘ihh… apa sih.? Iya iya’ jawabnya kesal

Gue seneng dia mau keluar walaupun dia kesel. Yang penting dia bakalan gue kerjain lagi.

Dia tiba dipintu dan gue langsung mengagetkan dia

‘sutriseeeeeee eh salah supriseeee … selamat ulang tahun sayang’ teriak gue

‘astaga’ dia kaget lalu melanjutkan kata katanya

‘sayaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaang .. nanti aku jantungan’ katanya

‘iya iya maaf. Nih kado buat kamu’ sembari gue ngasi kotak sepatu bekas tadi

‘ini beneran?’ jawbnya tak percaya

‘iya beneran sayang, masa boongan’ jawab gue

‘hehehe makasih sayang’ sambil noyor kepala gue

‘heh? Dikasi kado kok malah makin jahat sih’ gue kesel

‘hehehe maaf maaf, sini sini’ kepala gue dielusnya

‘nah gitu dong hehe’

‘hehehe’ kita berdua tertawa.

Dia buka kadonya dan di tertawa lagi.

‘yaampun.. tas laptop, sophie pulak.. makasih sayang’ dan lagi lagi dia noyor kepala gue

‘iya sama sama, tapi gak perlu noyor juga kan’

‘heheehe maaf dong’

Gue kembali senang liat dia senang. Dia tertawa bahagia walau pun ada noyor kepala gue.

‘selamat ulang tahun sayang’ ucap gue lagi

‘makasih sayang’ jawabnya sambil tersenyum

‘yaudah aku pulang lagi ya’ lanjut gue

‘yah cepat kali’

‘udah malam loh’ liat jam ternyata ,masih jam 8 malam

‘yaudah deh, makasih makasih jelek’ panggilan gue

‘udah dikasi hadiah, panggil cakep kek’ gue ngambek

‘iyaiya cakep, udah ?’ jawabnya juga kesal

‘hehe gitu dong, yaudah aku pulang lagi’ tambah gue

‘oke sayang’ jawabnya

Lalu gue kearah motor dan menghidupkan motor lalu pergi menuju rumah gue sendiri.

Selama diperjalanan gue seneng banget. Ulang tahun kali ini gue bahagia karena melly ngasi surprise buat gue dan karena gue berhasil ngebuat surprise untuk dia. Dan juga gue bisa ngerasain berdua diatas motor dan dibawah deraian rintik air hujan. Emm..

Doa gue terkabul. Ternyata hujan kali ini adalah hujan bersama dia. Terimakasih ya Allah.

v

Sesampainya dirumah. Gue langsung lihat hp dan ada sms dari melly yang mengucapkan terimakasih serta mengirimkan voice note di bbm. Gue gak mikirin berapa uang yang udah gue keluarkan sama dia, berapa waktu yang telah gue habiskan sama dia, yang penting gue bahagia.

Entah kenapa tahun ini gue berusaha untuk romantic. Berbeda dari tahun sebelumnya yang gue itu cuek bebek gak ada ojek becek di ejek. Apa ini karena tontonan yang gue lihat. Ftv, habibie ainun semuanya romantic. Gue jadi terhipnotis oleh tontonan itu.

Ternyata gue sadar. Cewe itu suka banget sama cowo romantic, cuek, dan comedian. Kebanyakan sih, dari yang gue temuin selama karir cinta gue. gue yakin melly berpikir ‘aku gak punya waktu untuk membenci kamu, karena aku terlalu sibuk mencintai kamu’ (gue jadi galau).

Dan mungkin ulang tahun kali ini belum bisa dilupakan dalam waktu sebulan. Entah gue lebay atau apa, tapi memang gue susah ngelupainnya. Karena ini baru pertama kalinya gue lakuin ke pacar gue. ngasi surprise, nyewa tempat dicafe, dalam keadaan uang pas pasan. Gue nekat demi cinta .

Dan sebulan berikutnya gue cuma punya uang jajan ¾ dari biasanya. Tapi gak apa apa. Toh gue udah bahagia. Uang bisa dicari dan diminta, kebahagian, tertawa, tersenyum itu susah banget dicari. Apalagi orang yang ngebuat bahagia, beuuh itu susah banget dicari.

Orang yang bisa ngebuat bahagia itu biasanya mereka yang sederhana. Sederhana dalam memberi perhatian, sederhana dalam sikap. Berlebihan malah mengakibatkan sikap menjadi aneh menurut gue.

Diakhir voice note melly gue dengar kata kata ‘ kamu cowo romantic pertama aku, dan aku harap kamu juga yang terakhir, amiin’ gue juga mengucapkan amiin.

5 thoughts on “Happy Birthday Dear Melly

  1. kren bngeeeeeeeeeeettt,..
    kntlan saya jg prnah ngelkuin kek gthu..
    tapiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii,……………..gk jadi jadiiiiiiiiiiiiiiii,………….hahhaa

Komen aja dulu, kali aja ntar ada yang stalking nama kamu

